Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Christiandy Sanjaya menyambut 26 duta besar dari beberapa negara sahabat yang akan menghadiri kegiatan Cap Go Meh di kota Singkawang, Sabtu.

"Sampai hari ini, ada sekitar 26 duta besar negara sahabat yang sudah hadir di Kalbar dan akan menghadiri kegiatan di Cap Go Meh Singkawang," kata Christiandy di Pontianak, Jumat.

Kedatangan 26 duta besar negara sahabat disambutnya bersama Wakapolda kalbar, Konjen RI di Kuching, SKPD di lingkungan Pemprov Kalbar dan lain sebagainya di Istana Rakyat Kalbar.

Pada acara penyambutan itu, Pemprov Kalbar melakukan perjamuan makan siang, serta menampilkan akraksi naga di depan Istana rakyat Kalbar.

Pada sambutan selamat datang Wakil Gubernur Kalbar Drs. Christiandy Sanjaya, SE MM mengatakan Kalbar memiliki keberagaman budaya. Bahkan seluruh budaya yang ada di Indonesia ada di Kalbar.

Ia menambahkan, kemajemukan penduduknya, membuat daerah Kalbar menyimpan potensi budaya yang unik dan luhur sehingga apabila dikemas dengan baik,akan menjadi asset yang tak ternilai harganya guna meningkatkan pembangunan di daerah khususnya pengembangan industri pariwisata.

"Pemerintah Kalbar memiliki komitmen yang kuat untuk mendorong dan memberdayakan potensi budaya bagi pengembangan pariwisata. Salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut adalah dengan menggelar berbagai evet upacara adat Robo-robo, Gawai Dayak, Naik Dango, Cap Go Meh dan event-event lainnya," tutur Christiandy.

Event-event tersebut menurutnya sangat penting dan strategis dalam kontek pembangunan dan pengembangan nilai-nilai budaya sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah yang mengariskan bahwa pembangunan pariwisata di kalbar adalah berbasis pada alam dan budaya.

Dirinya yakin, kedatangan para duta besar negara sahabat tentu akan membawa dampak yang sangat luar biasa untuk lebih memperkenalkan Kalbar di tingkat Internasional.

Di akhir sambutanya Christiandy Sanjaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para duta besar negara sahabat beserta seluruh tamu yang sudah hadir memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan event di daerah Kalbar terutama di festival cap go meh kali ini.

Usai kegiatan di istana rakyat para duta besar negara sahabat bersama Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya, Wakapolda Kalbar mengunjungi Masjid Raya Mujahidin dan Gereja Katedral Santo Yosef Pontianak.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017