Pontianak (Antara Kalbar) - Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UKM Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, saat ini harga cabe rawit di kota Singkawang sudah semakin tinggi.

"Minggu lalu sempat turun dari Rp120 ribu turun menjadi Rp110 ribu per kilogram. Namun minggu ini, kembali naik dan dijual di kisaran antara Rp130 ribu sampai Rp140 ribu per kilogram," kata Helmi, Senin.

Menurut pengakuan para pedagang, tingginya harga cabe rawit dikarenakan pasokan melemah sehingga stok cabe rawit di Singkawang semakin berkurang.

"Bagi ibu rumah tangga mungkin kenaikan harga cabe rawit tidak terlalu masalah, tapi yang kasihan dengan pedagang yang memang dagangannya membutuhkan cabe rawit," ujarnya.

Disamping itu, harga bawang putih sampai saat ini masih dijual dengan harga tinggi, yakni Rp38 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah dijual di kisaran antara Rp28 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram.

"Untuk cabe besar dijual Rp25 ribu per kilogram," ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk harga daging ayam potong saat ini mengalami penurunan. Pada minggu lalu dijual seharga Rp32 ribu, tapi sekarang turun menjadi Rp28 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan telur ayam, pada minggu lalu dijual seharga Rp22 ribu per kilogram, sekarang turun menjadi Rp21 ribu per kilogram.  

(KR-RDO/N004)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017