Ketapang (Antara Kalbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Bandara Rahadi Oesaman Ketapang menyatakan, gelombang Perairan Ketapang relatif aman bagi nelayan tradisional untuk melakukan aktivitas.
    "Cuaca laut di pantai Pesisir Ketapang normal dan tidak berbahaya bagi nelayan berperahu kecil maupun pelayaran kapal barang," kata Kepala BMKG Ketapang Nur Alim.
    Ia mengatakan, diperkirakan tinggi gelombang di perairan laut Ketapang hingga Kepulauan Karimata dan Beledang sekitar setengah hingga satu meter.
    Angin bertiup ke arah Timur dan Tenggara dengan kecepatan 5-15 knot. Di perairan tersebut, cuaca diperkirakan berawan namun berpeluang hujan pada sore hingga malam hari.
    Hal itu disebabkan tiupan angin darat pada siang hari dan angin laut pada malam hari yang dengan cepat membentuk awan-awan konvektif bakal hujan.
    Menurut Nuralim, meski berpeluang hujan, namun tetap aman karena tidak berlangsung selama 24 jam. Namun yang perlu diwaspadai bagi para nelayan yaitu antara laut Selat Karimata bagian Utara ombak diperkirakan mencapai 025 meter hingga 1,25 meter lebih.
    "Jika hendak melaut, sebaiknya hindari pada sore atau malam hari," katanya.
    Menurutnya, jika hujan deras yang disertai angin kencang melanda pesisir pantai Ketapang, gelombang laut akan cepat meningkat dan bisa membahayakan nelayan yang menggunakan kapal kecil.
    Selain itu, ia mengingatkan nelayan untuk memperhatikan awan, untuk mengantisipasi gerakan gelombang.
    BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai Ketapang agar selalu waspada karena jika gelombang naik, bisa menyebabkan abrasi. "Gelombang besar bisa mengikis kawasan pantai termasuk menghantam rumah penduduk, diharapkan masyarakat waspada akan hal tersebut," katanya.
    Sementara itu Hasan nelayan Desa Sungai Jawi Kecamatan Matam Hilir Selatan membenarkan kondisi perairan laut Ketapang  saat ini cerah dan ketinggian gelombang 0,25 - 0.5 meter sehingga aman untuk beraktivitas dilaut.
    Hasan juga mengatakan,dirinya juga baru pulang melaut dengan hasil tangkapan ikan yang lumayan, padahal hanya beberapa jam saja bisa mendapat sekitar 150 kilogram.
    Ia berharap kondisi cuaca tetap teduh agar aktifitas nelayan bisa berjalan normal mengingat sejak sepekan terakhir ini, para nelayan di perairan disini hasil tangkapan mereka rata-rata bagus dengan hasil yang cukup lumayan. Saat ini, cuaca di laut sedang bersahabat sehingga hasil tagkapan ikan para nelayan cukup baik.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017