Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang, segera merekrut sebanyak 100 guru tidak tetap di tahun ini.

"Perekrutan ini diutamakan kepada calon guru jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1-PGSD)," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, HM Nadjib, Rabu.

Ini dilakukan, mengingat tenaga pengajar khusus di Sekolah Dasar (SD) Kota Singkawang selalu mengalami kekurangan, karena memasuki pensiun setiap tahunnya.

"Maka dilakukanlah perekrutan guru tidak tetap sebagai langkah kita untuk memenuhi kekurangan tenaga guru di lingkungan Pemkot Singkawang," ujarnya.

Bagi mereka yang lolos, akan pihaknya tempatkan di sekolah-sekolah yang memang kekurangan guru.

Dijelaskan Nadjib, perekrutan guru tidak tetap ini, akan dimulai dari tanggal 27 Februari sampai 4 Maret 2017.

"Untuk pendaftaran sekaligus seleksi administrasi hingga pengumuman hasil akan dilakukan mulai 7-8 Maret 2017, di SMKN 2 Singkawang mulai pukul 08.00 wib hingga 12.00 wib," ungkapnya.

Sedangkan dari hasil seleksi administrasi bagi calon guru tidak tetap yang lolos, maka akan mengikuti seleksi tertulis berbasis komputer.

Setelah tes tertulis, maka panitia akan langsung mengumumkan hasilnya. "Untuk seleksi tertulis ini akan dilakukan 15 sampai 17 Maret 2017, mulai pukul 13.00 wib di SMKN 2 Singkawang," tuturnya.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan tes wawancara bagi yang lolos seleksi tes tertulis pada 20 sampai 23 Maret 2017.

Tahapan terakhir, lanjutnya, pihaknya akan mengumumkan calon pelamar yang lolos untuk menjadi guru tidak tetap pada 13 April 2017 di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017