Putussibau (Antara Kalbar) - Camat Putussibau Selatan Ahmad Salafuddin mengatakan kondisi drainase di wilayahnya banyak yang tidak berfungsi, mengakibatkan genangan air di sejumlah titik pemukiman warga setempat.

"Kami sudan melakukan survey ke sejumlah titik, dan memang drainase itu banyak yang tidak berfungsi lagi," kata Salafuddin ketika ditemui di Kedamin, Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Senin.

Dikatakan, drainase yang tidak berfungsi itu disebabkan beberapa faktor diantaranya seperti terjadinya pendangkalan, penyempitan dan penyumbatan.

"Persoalan drainase itu diperlukan upaya komprehensif dan terkoordinasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat sebagai pengelola jalan berstatus jalan nasional," tutur Salafuddin.

Selain itu menurut dia juga diperlukan pendanaan secara berkelanjutan.

" Anggaran normalisasi itu memang perlu apalagi ini berkaitan jalan nasional, sehingga persoalan drainase bisa teratasi," jelasnya.

Ditambahkan Salafuddin terkait drainase yang berada di jalan lingkungan wilayah Pemerintah Daerah Kapuas Hulu menjadi usulan prioritas pada Musrenbang dengan harapan bisa tertampung oleh anggaran daerah. 

(KR-TFT/M019)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017