Pontianak  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, bersama aktivis lingkungan setempat, Selasa, mendeklarasikan bahwa kabupaten tersebut akan bebas dari sampah pada 2020 mendatang.

Pembacaan deklarasi bebas sampah dilakukan para pemangku kepentingan, disertai dengan pembacaan puisi dan penandatanganan kesepahaman terkait Sambas bebas sampah 2020.

Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengatakan sampah di Kabupaten Sambas saat ini memang belum menjadi persoalan yang serius seperti yang menimpa kota-kota besar di dunia maupun di Indonesia.


Pemerintah Kabupaten Sambas bersama aktivis lingkungan setempat mendeklarasikan bahwa
kabupaten tersebut akan bebas dari sampah pada 2020  (Istimewa)

Seperti di Jakarta saja, kata dia, indikator keberhasilan seorang pemimpin dalam menyelenggarakan jalannya pemerintahan termasuk di dalamnya persoalan manajemen penanganan persampahan.

"Meski belum menjadi persoalan serius namun diperlukan sedini mungkin membangun kesadaran akan pentingnya kita memperhatikan kebersihan lingkungan kita dari sampah, sebelum permasalahan sampah ini menjadi besar. Sehingga ada baiknya kita segera meminimalisir kemungkinan dampak menggunungnya permasalahan sampah ke depan," ujarnya.

Dijelaskan Atbah, kebijakan perang terhadap sampah ini, harus terintegrasi dan ditunjang dan saling menunjang dengan sektor lainnya. Kata dia, harus ada peningkatan kepedulian dan peran aktif masyarakat Indonesia, mulai dari pribadi, komunitas, hingga bangsa, dalam mengelola sampah untuk Indonesia bersih sampah 2020.


Pemerintah Kabupaten Sambas bersama aktivis lingkungan setempat mendeklarasikan bahwa
 kabupaten tersebut akan bebas dari sampah pada 2020  (Istimewa)

"Seluruh lapisan masyarakat harus mendukung komitmen dan program kegiatan pemerintah terkait kepedulian bebas sampah ini. Karena dari masyarakatlah keberhasilan program ini dapat dicapai dan diwujudkan," tegas dia.

Sementara itu Wakil Bupati Sambas, Hairiah memberikan apresiasi terhadap berbagai pihak atas sosialisasi dan deklarasi Sambas bebas sampah 2020. Kata dia, sudah seharusnya dimulai dari sekarang digaungkan dan diwujudkan bersama-sama peduli terhadap lingkungan yang bersih dari sampah.

"Sedini mungkin kita bangun kesadaran didalam diri kita masing-masing akan pentingnya kita menjadi bagian untuk memperhatikan kebersihan lingkungan, di mulai dari kebersihan diri dan pribadi kita, lingkungan keluarga dan insyaallah dapat kita tularkan ke lingkungan yang lebih luas lagi," kata dia.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017