Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantn Barat, akan mengembangkan potensi bawang merah dan cabai rawit pada empat kecamatan yang ada di kabupaten itu.

"Sampai saat ini kita masih uji coba pengembangan bawang ini seluas dua hektar di desa Retok. Namun, jika ini berhasil pastinya akan kita tingkatkan dan akan kita bantu berbagai kebutuhan petani sesuai dengan kapasitas kita," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Sungai Ambawang.

Menurut dia, jika penanaman bawang tersebut benar-benar bisa dikembangkan, maka pihaknya akan mendorong setiap daerah yang ada di kabupaten itu untuk pengembangannya.

"Sementara ini baru ada empat kecamatan yang kita lakukan uji coba pengembangan bawang, cabe rawit dan jeruk sambal ini diantaranya, kecamatan Sungai Ambawang, Sungai Raya, Sungai Kakap dan Rasau Jaya. Kedepan, jika ini sukses maka akan kita kembangkan untuk Kecamatan lainnya," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Setya Graha mengatakan, pihaknya mendorong masyarakat untuk mengembangkan tiga komoditas tersebut sesuai dengan program dari pemerintah pusat.

Bahkan, pihaknya juga dibantu oleh pemerintah provinsi Kalimantan Barat untuk mengembangkan potensi itu.

"Untuk tahun ini, kita melakukan uji coba tanaman hortikultura seperti cabe rawit, bawang merah dan jeruk ini seluas 30 hektare yang tersebar di empat kecamatan yang ada di Kubu Raya. Dalam hal ini kita didukung oleh pemprov Kalbar dan pemerintah pusat untuk pengembangannya," kata Gandhi.

Untuk mengembangkan potensi itu, pihaknya juga akan menggandeng semua pihak terkait seperti pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.

"Hal ini kita lakukan karena kita tahu betul untuk mewujudkannya tidak bisa bergerak sendiri. Untuk menyukseskan program ini juga, kami akan menggerakkannya melalui rumah tangga dan kelompok tani yang ada," kata Gandhi.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kubu Raya, Rohmad mengatakan, pihaknya mendukung penuh program pemerintah Kubu Raya dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian di Kubu Raya.

Menurut dia, yang dilakukan oleh Pemerintah Kubu Raya sudah sangat tepat. Dengan program pembangunan di segala sektor. Pertaniannya dibangun infrastrukturnya juga dibangun.

"Kita sangat mendukung segala program inovatif dari Pemerintah Kubu Raya, seperti pengembangan bawang merah di Desa Korek ini. Kendati masih uji coba, hasilnya sangat memuaskan, ini artinya inovasi yang dilakukan sangat tepat," katanya.

Dengan langkah ini ke depannya Kubu Raya akan dapat menjadi daerah penghasil bawang merah berkualitas untuk memenuhi kebutuhan bawang di Kalimantan Barat.

Rohmad yang merupakan anggota DPRD dapil Sungai Ambawang Kuala Mandor B dan asli berasal dari Desa Korek mengatakan bahwa potensi pertanian dan perkebunan serta peternakan Kubu Raya sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

Rohmad yang membidangi pertanian di DPRD tersebut menuturkan bahwa potensi yang ada di Kubu Raya tinggal digali dengan maksimal melalui program-program tepat sasaran dan tepat guna serta tepat waktu sebagaimana diinginkan oleh Bupati Kubu Raya.

"Kita siap mengawal segala kebijakan dan program-program pertanian yang dilakukan oleh Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Kubu Raya. Dengan menggali segala potensi yang kita miliki, yang dapat menghasilkan berbagai jenis komoditas, pendukung kebutuhan masyarakat di Kalimantan Barat," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017