Pontianak  (Antara Kalbar) - Komando Distrik Militer 1202/Singkawang akan melakukan giat Tentara Manunggal Membangun Desa ke-98 yang dipusatkan di Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang.

"TMMD ini akan dimulai pada bulan April 2017 selama 21 hari ke depan. TMMD ini juga dipusatkan di Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang," kata Kasdim 1202/Skw, Mayor Czi Maulana Ramdani, Rabu.

Dari TMMD ini, ujarnya, ada beberapa sasaran yang akan dikerjakan, terutama masalah untuk pekerjaan infrastruktur berupa jalan dan jembatan.

Namun, sebelum dilaksanakannya TMMD di lapangan, akan ada kegiatan Pra TMMD sebagai pendorongan material, persiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan, sehingga setelah dibuka kegiatan TMMD ini pihaknya tidak banyak menghadapi hambatan.

Menurutnya, kegiatan TMMD ini akan menjadi bahan sarana kontak untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sehingga diharapkan tumbuh rasa nasionalisme, rasa kebangsaan, dengan begitu akan meningkatkan ketahanan nasional dalam rangka penyiapan ruang alat kendali juang negara Indonesia (Sishanta).

Dari TMMD ini juga, dia berharap agar masyarakat ikut terlibat secara bergotong royong. Pihaknya juga akan mengatur penempatan personil yang terlibat dalam TMMD untuk tinggal di rumah-rumah penduduk.

"Dalam satu rumah mungkin tiga sampai empat personil. Dengan begitu, kedekatan TNI dengan rakyat akan semakin terasa," ungkapnya.

Maulana menambahkan, ada hal yang menarik dari giat TMMD kali ini. Yang mana Danrem juga akan melombakan hasil karya tulis sehubungan dengan dilaksanakannya TMMD ini.

"Sehingga, diharapkan rekan-rekan wartawan khususnya di Singkawang bisa membuat semacam karya tulis yang menyangkut dengan TMMD. Karena, hasil dari karya tulis rekan-rekan wartawan akan dilombakan sesuai dengan program TNI Angkatan Darat di seluruh Indonesia," katanya.

Nanti, katanya, hasil karya tulis jurnalis akan diseleksi dan dinilai, dan yang berhasil nanti jurnalis yang bersangkutan akan dipanggil ke Jakarta pada saat Rakornis TMMD ke-99.

Yang mana masing-masing pemenang, katanya, untuk juara satu akan mendapatkan hadiah sebesar Rp15 juta. Juara dua akan mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta, dan juara ketiga sebesar Rp7,5 juta.

"Maka dari itu, saya ingatkan agar wartawan dapat membuat judul yang menarik untuk dibaca khalayak ramai, agar bisa menjadi pemenang dalam lomba karya tulis ini," tuturnya.
(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017