Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat Kartius mendorong pemerintah kabupaten dan kota di Kalbar untuk mengembangkan obyek wisata unggulan sesuai potensi masing-masing.

"Paling tidak Pemda yang ada di kabupaten dan kota mengembangkan minimal dua obyek wisatanya," ujar Kartius di Pontianak, Jumat.

Kartius menilai sudah saatnya Kalbar memperhatikan pengembangan obyek wisata sebagai alternatif pendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

Menurutnya perekonomian yang hanya mengandalkan perdaganan komoditas akan mudah terkoreksi dengan rendahnya harga komoditas yang fluaktif.

Sedangkan untuk daerah yang mengembangkan wisata tidak terlalu berpengaruh dan justru tetap stabil dan bahkan meningkat.

"Oleh karena itu kami sendiri berkomitmen untuk mengembangkan wisata di Kalbar," paparnya.

Daerah diminta untuk mengelola pariwisata dengan mengedepankan ide kreatif, inovatif, imajinatif dan bertindak secara kolaborasi.

"Potensi wisata kita sangat baik dan besar. Tinggal dikelola dengan baik dan harus kreatif. Di tengah keterbatasan anggaran yang ada menurut saya masih banyak cara yang ditempuh seperti secara berkolaborasi," kata dia.

Ia berharap semua pihak dapat mendukung pariwisata bukan hanya pemerintah namun termasuk swasta, komunitas pariwisata dan masyarakat umum.





(U.KR-DDI/A043)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017