Singkawang (Antara Kalbar) - Ribuan warga menghadiri acara "Syukuran Rakyat" Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang terpilih, Tjhai Chui Mie - Irwan, di Gedung Sun Moon, Sabtu. 

Kegiatan yang mengangkat tema "Melalui Syukuran Rakyat Mari Kita Bersama-Sama Mewujudkan Singkawang Hebat" itu juga dihadiri para pengurus partai dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

Tampak hadir pula Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya dan Wali Kota Singkawang periode 2007-2012, Hasan Karman.

"Hebat itu sesuatu yang tidak mudah. Maka dari itu, saya meminta agar masyarakat Singkawang betul-betul bekerja demi mewujudkan Singkawang yang hebat," kata Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya, saat memberikan kata sambutan. 



Hal ini dia ingatkan, karena sesuai dengan pernyataan Presiden RI, Joko Widodo yang selalu mengatakan, bahwa kita harus bekerja keras baru bangsa kita akan maju termasuklah Kota Singkawang ini. 

"Untuk itu, saya meminta agar masyarakat Singkawang mendukung kepemimpinan yang baru Tjhai Chui Mie - Irwan supaya apa yang digaung-gaungkan pasangan ini, yaitu 'Singkawang Hebat' benar-benar bisa terwujud," pintanya. 

Dirinya bersyukur, pesta demokrasi di Kalimantan Barat khususnya di Landak dan Kota Singkawang bisa dilalui dengan penuh suka cita dan berjalan dengan lancar.

"Saya sangat berterima kasih, karena pelaksanaan Pilkada kemarin khususnya di Kalbar (Landak dan Singkawang) bisa berlangsung dengan sangat baik dan membanggakan. Mudah-mudahan di Pilkada 2018 nanti, kita tetap menjaganya dengan baik," ungkapnya.



Christiandy juga mengingatkan kepada Tjhai Chui Mie - Irwan, apabila sudah menjabat nanti untuk tetap selalu harmonis. 

"Saya katakan begini, karena antara saya dengan Pak Gubernur hampir 10 tahun sampai dengan hari ini kami akur-akur saja," ujarnya.

Diingatkannya hal itu, karena keharmonisan merupakan suatu modal yang sangat baik untuk membangun daerah kita khususnya Singkawang.

Menurutnya hal itu sedikit-sedikit mulai terbukti pada hari ini, yang mana pada acara "Syukuran Rakyat" ini, bukan hanya dihadiri masyarakat Singkawang saja, tapi juga orang Singkawang yang sudah sukses di luar bersedia hadir pada acara ini.

"Ini merupakan suatu kekuatan yang besar, supaya kita bisa membangun Singkawang lebih baik," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Singkawang periode 2007-2012, Hasan Karman, berpesan kepada Tjhai Chui Mie - Irwan bahwa jabatan itu amanah, bukan merupakan hak milik. 



"Dan rakyat menaruh harapan di pundak kalian berdua. Maka dari itu saya ingatkan jangan kecewakan harapan rakyat," kata Hasan Karman. 

Dia juga berpesan agar Tjhai Chui Mie - Irwan dapat menyelesaikan program-program yang dulu belum sempat diselesaikan olehnya sewaktu menjabat. "Saya tidak mau mendengar di kepemimpinan kalian berdua, ada program yang stagnan (jalan di tempat). Dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang yang baru ini, bisa mempercepat apa yang tadinya belum dilaksanakan," ujarnya.

Untuk itu, dia mengajak semua lapisan masyarakat Singkawang, bersatu padu mendukung Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang yang baru ini membangun Kota Singkawang sehingga menjadi sebuah perubahan yang sangat maju di Bumi Khatulistiwa Kalimantan Barat. "Situasi kekeluargaan harus segera dibangun," katanya.

Bahkan untuk mendorong itu, dirinya siap jika Tjhai Chui Mie - Irwan membutuhkan pemikiran darinya untuk melakukan diskusi. Dan yang terpenting, pintanya, jangan sekali-sekali mempersulit perizinan untuk investasi.



"Maka dari itu, saya minta kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang yang baru nanti, tolong dikawal pintu masuk perizinan untuk investasi," pintanya lagi. 

Sementara Wali Kota Singkawang terpilih, Tjhai Chui Mie menyatakan, hanya tinggal actionnya saja untuk mewujudkan Singkawang Hebat. "Hanya tinggal bagaimana kita actionnya sehingga slogan kita Singkawang Hebat bisa terwujud," kata Tjhai Chui Mie.

Dan menurut Tjhai Chui Mie, jika orang Singkawang hebat-hebat. Buktinya, banyak pengusaha-pengusaha asal Singkawang yang sudah sukses di luar tapi masih mau berinvestasi di kota setempat.

Menurutnya pula, setiap orang punya kelebihan masing-masing. Dari kelebihan itulah, katanya, ayo kita saling melengkapi untuk memajukan Singkawang sehingga menjadikan Singkawang hebat yang kita impikan bersama.



"Setelah kami terpilih dan dilantik nantinya, mari kita bersama-sama membangun Kota Singkawang yang kita cintai ini," ajaknya.

Untuk membangun Singkawang, dirinya juga membutuhkan saran dan masukan untuk Singkawang yang lebih baik.

"Kalau kemarin kami salam dua jari, tapi pada hari ini kita bukan salam dua jari lagi, tapi salam satu hati," pungkasnya.

Sementara itu, ribuan warga tampak bergembira di acara syukuran tersebut. Untuk memeriahkan syukuran itu, panitia juga menyuguhkan hiburan seperti band, parade seni budaya, dan bazar kuliner di halaman Gedung Sun Moon Singkawang. 

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017