Sambas (Antara Kalbar) - Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, menyatakan kesiapan untuk memfasilitasi pengusaha Sambas yang akan melakukan ekspor beras ke negara tetangga Malaysia.

"Sambas akan mengekspor beras merupakan juga bagian dari rencana Kementerian Pertanian RI," ujar Kepala Bidang Perdagangan Diskumindag Sambas, Nisa Azwarita, di Sambas, Rabu.

Ia menjelaskan kegiatan ekspor beras perdananya dicanangkan pada momentum Hari pangan sedunia.

"Kenapa daerah perbatasan melakukan ekspor beras karena alasan lebih dekat. Apalagi Sambas memang daerah surplus beras," kata dia.

Ia menerangkan bahwa dalam mempersiapkan ekspor beras nantinya, hasil produksi dari hasil pertanian dari program pertanian akan ditampung terlebih dahulu melalui koperasi.

"Pemerintah dalam ini kembali siap membantu. Contohnya jika memang nanti koperasi yang menampung tentu ke bidang koperasi Diskumindag Sambas. Untuk perusahaan, kita juga siap membantu dan memfasilitasi. Apabila ada kekurangan untuk melakukan ekspor apa saja, kita di sini akan bantu dan fasilitasi kekurangan tersebut," paparnya.

Untuk persyaratan ekspor lanjutnya dapat difasilitasi dari Diskumindag berupa angka pengenalan ekspor dan uji mutu.

"Terkait uji mutu nantinya kemungkinan akan kerjasama dengan pihak penguji. Setelah itu baru mengurus ke Bea dan Cukai. Jadi semua persyaratan untuk itu akan kita bantu," jelas

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017