Pontianak (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, M Zeet Hamdy Assovie menyatakan bahwa pemerintah provinsi setempat siap mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di daerahnya.

"Sudah semestinya EBT dikembangkan di Kalbar. Kita dari Pemprov Kalbar siap mendukung pihak manapun untuk mengembangkan energi yang berkelanjutan," ujarnya saat membuka Forum diskusi dengan tema pemanfaatan biommasa untuk penyediaan listrik yang merata dan terjangkau bagi rakyat yang digelar PJCI dan PLN Kalbar di Pontianak, Kamis.

Zeet menjelaskan bahwa dilihat dari potensi yang ada di Kalbar, EBT memang sudah menjadi masa depan dalam memberikan solusi untuk energi atau listrik.

"Kalau kita bergantung pada energi dari fosil maka kita tidak ada kemajuan. Sudah selayaknya Kalbar mengandalkan biomassa untuk sumber energi di Kalbar. Semua bahan baku di Kalbar mudah dan banyak," kata dia.

Kepada PLN dan pelaku usaha yang bergerak dalam pengembangan EBT ia meminta untuk terus mengedukasi terutama pemerintah daerah di kabupaten karena untuk basis lahan dan bahan baku masuk ke wewenang daerah.

"Forum yang digelar ini jangan hanya sampai di sini saja namun harus diaplikasikan terutama kepada daerah. EBT ini harus diinformasikan secara mendalam agar bisa terwujud dengan baik," sarannya.

Ia juga meminta semua pihak ke depan terus bersinergi dalam pengembangan energi berkelanjutan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Harus ada kepastian juga dari pengembang teknologi EBT kepada pihak terkait yang menjadi mitra. Hal itu bisa dituangkan dalam MoU agar ada kepastian dari kedua pihak baik soal hak dan kewajiban masing-masing.

(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017