Pontianak (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umun Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa, meresmikan Rumah Pintar Pemilu Kapuas untuk menyediakan berbagai informasi tentang pemilu bagi masyarakat di daerah ini.

"Rumah Pintar Pemilu Kapuas ini merupakan program KPU RI untuk menyediakan informasi bagi masyarakat tentang Pemilu baik pemilihan wali kota, gubernur, maupun presiden," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Sujadi.Sujadi di Pontianak.

Ia menjelaskan rumah pintar itu juga dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi berbagai kalangan masyarakat.

"Nantinya Rumah Pintar Kapuas ini kami buka untuk masyarakat luas, khususnya warga Kota Pontianak sehingga dapat menambah wawasan serta pengetahuan terkait Pemilu dari data maupun informasi yang kami sediakan," ungkapnya.



Ia menambahkan bentuk rumah pintar ini akan memiliki empat ruang utama, yakni ruang displai yang berfungsi untuk menampilkan data-data tentang Pemilu.

"Ruang displai ini kami bagi menjadi empat area, yang pertama area pemilihan presiden yang berada di lobi, kemudian area pemilihan gubernur dan wakil gubernur, area pemilihan wali kota dan wakil wali kota yang berada di lantai atas dan pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD provinsi, kabupaten/kota," katanya.

Tidak hanya itu, di dalam Rumah Pintar Pemilu Kapuas ini juga tersedia ruang simulasi. "Jadi kami berharap masyarakat dapat melihat langsung tata cara dan proses pemilihan umum yang ditampilkan melalui maket dan alat peraga," katanya.

Kemudian lanjutnya ada ruang ketiga yakni ruang diskusi, ini dimaksudkan agar masyarakat yang ingin berdiskusi terkait hal-hal tentang Pemilu.

"Tidak kalah pentingnya kami juga menyediakan ruang audio visual. Ruang itu terdapat dokumentasi Pemilu dan Pilkada. Ini kami tampilkan dalam bentuk digital dokumentasi berupa video dan audio sejarah Pemilu yang kami simpan dengan rapi," katanya.

Sujadi menambahkan sehingga nantinya masyarakat akan terlayani dengan baik jika berkunjung ke KPU Kota Pontianak. Tidak sekadar fisik ruangan namun pelayanan dijadikan hal yang diutamakan oleh KPU Kota Pontianak agar masyarakat semakin cerdas sebagai pemilih.

"Intinya saya berharap dengan pengetahuan yang kami siapkan di sini agar masyarakat pemilih dapat lebih baik lagi. Tak terlepas dari hal itu kami juga berharap adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu yang akan datang," kata Sujadi.


Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017