Pontianak  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Perhubungan Kubu Raya mengadakan Sosialisasi tata tertib lalu lintas dengan para pelajar SMAN 1 Sungai Ambawang.

"Saya meminta agar para pelajar sejak sekarang harus menjadi contoh dan agen-agen tertip berlalu lintas di jalan raya untuk mengkampanyekan tertib berlalu lintas di Kubu Raya," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, di Sungai Ambawang, Selasa .

Dia mengatakan, pada sosialisasi itu sengaja mengundang para pelajar karena fenomena banyaknya pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor perlu ada perhatian khusus dari stake holder, baik dari Dishub ataupun Satlantas.

"Kita ingin memberikan edukasi kepada anak-anak kita ini. Agar mereka ketika menggunakan sepeda motor agar sesuai dengan kaidah serta etika dan tata tertip berlalu lintas di jalan raya," tuturnya.

Rusman Ali mengatakan bahwa dengan sosialisasi ini diharapkan para peserta bisa lebih memahami fungsi dan arti dari marka serta rambu lalu lintas yang ada. Dengan begitu angka kecelakaan bisa ditekan, karena seringkali kecelakaan terjadi karena lalainya pengendara mematuhi marka dan rambu lalu lintas.

Menurutnya, dengan semakin berkembangnya zaman dan semakin banyaknya anak-anak yang menggunakan sepeda motor kesekolah dan di wilayah Sungai Ambawang ini sangat rawan laka lantas.

"Untuk itu, kita memberikan edukasi kepada para pelajar kita agar memahami secara luas dan komprehensif tata tertip berlalu lintas dijalan raya. Demi keselamatan dirinya sendiri dannjuga pengendara lain di jalan raya," katanya.

Rusman Ali juga meminta Dinas Perhubungan memeriksa dan menertibkan marka dan rambu yang ada di di Kubu Raya. Sehingga masyarakat juga dapat memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

Sementar itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya Damhuri mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Kubu Raya khususnya para pelajar agar lebih memahami rambu dan tertip berlalu lintas. Untuk menanamkan pemahaman dan pengertian yang baik terhadap ketentuan dan tata cara berlalu lintas dengan baik.

"Kita ingin agar secara perlahan nanti anak-anak kita di Kubu Raya ini menjadi agen-agen bagi perilaku tertip berlalu lintas di jalan raya. Ini sangat penting karena saat ini pertumbuhan pengguna speda motor di masyarakat semakin meningkat, sehingga perlu pemahaman dan pengertian yang lengkap terhadap tertip lalu lintas," ujar Damhuri.

(U.KR-RDO/H005) 

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017