Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali meresmikan Puskesmas Sungai Ambawang, yang disiagakan untuk menangani kasus kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di jalan trans Kalimantan.

"Dengan diresmikannya puskesmas ini, diharapkan semakin tersedia fasilitas kesehatan, khususnya dalam menangani kasus kecelakaan lalu lintas di jalan trans Kalimantan," kata Rusman Ali di Sungai Ambawang, Kamis.

Dia menjelaskan, kondisi puskesmas tersebut sudah sangat representatif. Pelayanan dan fasilitasnya setara dengan rumah sakit tipe D, sehingga tidak ada alasan masyarakat tidak terlayani.

Dirinya juga mengatakan, puskesmas tersebut akan beroperasi selama 24 jam untuk melayani masyarakat. Puskesmas itu juga dilengkapii dengan fasilitas penunjang untuk penanganan lakalantas, sehingga akan ada fasilitas kesehatan di jalan trans kalimantan untuk laka lantas.

"Hal itu dilakukan mengingat jalan trans kalimantan paling sering terjadi kecelakaan. Makanya, tidak hanya fasilitas tetapi juga petugas media seperti dokter bedah dan tenaga medis yang khusus menangani laka lantas," katanya.

Meski difokuskan untuk penanganan kasus kecelakaan lalu lintas, namun dia mengatakan, bukan berarti puskesmas tersebut mengabaikan pelayanan kesehatan masyarakat umum.

"Yang namanya, puskesmas yang untuk menangani semua keluhan kesehatan masyarakat. Maka, kita meminta petugas di sini bisa melayani masyarakat dengan baik dan lancar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya dr Berli Hamdani mengharapkan, dengan adanya puskesmas yang baru tersebut, pelayanan kesehatan kepada masyarakat meningkat secara baik.

Petugas dimintanya tidak meninggalkan tugas pelayanan dengan seenaknya, sehingga ketika masyarakat datang berobat akan dapat terlayani secara baik.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Kubu Raya Dapil Sungai Ambawang dan Kuala Mandor Nelly Leoni mengapresiasi upaya pemerintah dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang memadai dan berkualitas kepada masyarakat Kubu Raya.

Puskesmas Sungai Ambawang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya yang ada di sekitar jalan trans Kalimantan dan Kuala Mandor B, katanya.

"Puskesmas ini memang sudah menjadi harapan besar bagi masyarakat, dan saya sangat bersyukur karena pembangunannya bisa direalisasikan," katanya.

(KR-RDO/A013)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017