Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Rektor I Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Aswandi mengatakan dari total 7.273 peserta yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sebanyak 1.345 orang di antaranya dinyatakan lulus di Untan.

"Ada 64 prodi S1 yang tersedia di Untan. Itu pilihan prodi di jalur SNMPTN kali ini," ujarnya di Pontianak, Kamis.

Aswandi merincikan dari peserta yang lulus, sebanyak 528 orang di antaranya adalah para penerima beasiswa Bidikmisi.

Menurutnya Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

"Nanti ada juga kuota Bidikmisi untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan jalur mandiri. Totalnya lebih dari 1.000 orang," kata dia.

Terkait SNMPTN ia memaparkan bahwa itu merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan raport semester satu sampai semester lima bagi SMA atau sederajat.

"Bagi mereka yang telah lolos untuk melakukan pendaftaran ulang atau registrasi pada 16 Mei 2017. Sedangkan bagi mereka yang belum lulus mengimbau untuk mengikuti jalur SBMPTN atau jalur tertulis," kata dia.

Untuk SBMPTN kata dia untuk pelaksanaan ujian tulis dilaksanakan dalam bentuk Computer Based Testing (CBT) Dan PBT (Paper Based Testing) akan dilakukan oleh 85 PTN se Indonesia, termasuk Untan.

"Kedua ujian tulis akan dilaksanakan secara serentak pada 16 Mei 2017 mendatang," terangnya.

Menurutnya SBMPTN dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015, 2016 dan 2017 dari pendidikan menengah atau yang sederajat, termasuk paket C.

"Adapun biaya pendaftaran SBMPTN adalah Rp200 ribu, dan bisa dibayarkan melalui bank mitra. Jalur ini juga dibuka untuk pendaftar bidikmisi. Peserta tersebut harus mendaftar pada https://belmawa.ristekdikti.go.id," kata dia.

Sementara kata dia pendaftaran SBMPTN 2017 akan ditutup pada tanggal 5 Mei 2017 pada pukul 22. 00 WIB.

"Kembali ujian tulis dilakukan tanggal 16 Mei 2017. Sedangkan ujian keterampilan tanggal 17 Mei 2017. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN pada tanggal 13 Juni 2017. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman www.sbmptn.ac.id atau di media sosial Twitter: @SekreSBMPTN dan Facebook: Facebook.com/SekreSBMPTN," paparnya.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017