Singkawang (Antara Kalbar) - BPJS Kesehatan Singkawang telah membuka layanan pendaftaran peserta JKN-KIS melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

"Melalui Care Center 1500-400, masyarakat tidak perlu lagi mengantre dan mendaftar dengan mendatangi kantor BPJS. Cukup mendaftar dengan cara menelepon 1500-400," kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Singkawang, Mardani, Senin.

Menurutnya, pendaftaran melalui telepon ini hanya berlaku untuk untuk calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri.

"Namun, sebelum menelepon calon peserta diingatkan untuk melengkapi beberapa persyaratan, seperti nomor KK, nomor NIK yang terdaftar di Capil, No Rekening Bank, nomor handphone, alamat domisili/tempat tinggal (untuk pengiriman kartu) dan alamat email sehingga sewaktu berkontraksi dengan petugas tidak membutuhkan waktu lama," katanya.

Setelah berbagai persyaratan dirasakan siap, maka calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

"Dan calon peserta akan dilayani oleh Agent Care Center, dengan begitu pembicaraan antara calon peserta dengan Agent akan dijadikan bukti pendaftaran," katanya.

Setelah Agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, nomor Virtual Account (VA) akan di kirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA di terbitkan.

"Peserta yang mendaftar via Care Center wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme auto debet untuk pembayaran selanjutnya," tuturnya.

Menurutnya, sejak pembayaran pertama tersebut, maka kartu peserta telah aktif, BPJS Kesehatan akan mencetak dan mendistribusikan kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah disinput pada saat mendaftar.

Care Center, katanya, disamping bisa memberikan layanan pendaftaran, peserta juga dapat melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter umum yang siap memberikan informasi kesehatan yang dibutuhkan.

"Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2017," tuturnya.

Sehingga, lanjut Mardani, BPJS Kesehatan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan.

(KR-RDO/E001)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017