Pontianak (Antara Kalbar) - Kepolisian Sektor Meliau, Kabupaten Meliau, Kalimantan Barat, menyatakan masyarakat harus ikut berperan aktif dalam mencegah masuknya narkoba ke lingkungannya masing-masing.

"Tanpa dukungan masyarakat, sulit dalam mencegah masuknya narkoba, sehingga kami sangat membutuhkan dukungan tersebut," kata Kapolsek Meliau, Iptu Muda Rezeki Pardosi saat dihubungi di Meliau, Rabu.

Ia mengimbau agar seluruh masyarakat Meliau juga berperan dalam mencegah masuknya narkoba, dengan memberikan informasi jika menemukan aktivitas peredaran narkoba di seluruh wilayah hukum Meliau.

Ia menambahkan, pihaknya sendiri sudah dapat mendeteksi adanya peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Namun kepolisian masih menginginkan keterlibatan masyarakat agar pelaku pengedaran dan penggunaan narkoba dapat dicegah dan diberantas di Kecamatan Meliau tersebut.

"Fokus utama kami adalah tindakan pencegahan, makanya saat ini untuk unit Reskrim dan Intel dimaksimalkan dalam upaya melakukan lidik, dan pengumpulan bahan keterangan dari masyarakat, siapa-siapa pelaku narkoba di Meliau untuk kami proses hukum," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam menangani kasus narkoba, dirinya telah memberdayakan setiap unit yang ada dijajarannya. "Tahun 2015, ada satu kasus di sini yang ditangani, dengan barang bukti dua paket kecil, dan sudah diproses hukum," katanya.

Kapolsek Meliau juga mengimbau, masyarakat aktif dalam menekan dan memberantas penyimpangan lainnya, seperti adanya anak-anak yang "ngelem".

"Karena dengan keterbatasan personil Polsek Meliau, tanpa dukungan semua pihak, cukup sulit dalam menekan dan memberantas masuknya narkoba di wilayah Meliau," katanya.

(A057/N005) 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017