Putussibau (Antara Kalbar) - Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, Nengsih mengatakan ketersediaan sapi potong di wilayah Kapuas Hulu mencukupi hingga hari Idulfitri mendatang.

"Alhamdulillah untuk stok sapi sampai lebaran aman dan tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah Kapuas Hulu," kata Nengsih ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Jumat.

Ia menjelaskan ketersediaan sapi hingga saat ini sebanyak 351 ekor, sedangkan kebutuhan hingga lebaran sebanyak 205 ekor, dengan berat rata - rata 90 kilogram per ekor.

Menurut Nengsih, ketersediaan sapi tersebut tersebar di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Selimbau, Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Kalis, Jongkong, Mentebah, Silat Hilir, Bika, Bunut Hulu, Boyan Tanjung, Silat Hulu, dan Kecamatan Hulu Gurung.

Selain itu Nengsih juga menyampaikan ketersediaan ayam potong sampai saat ini sebanyak 174.680 ekor, dan kebutuhan 172.920 ekor.

"Ketersediaan ternak kebutuhan Lebaran cukup memenuhi kebutuhan lokal Kapuas Hulu," jelas Nengsih.

Terkait kenaikan harga daging sapi di pasaran Putussibau, menurut Nengsih itu hanya permainan pedagang, sebab ketersediaan sapi dan ayam mencukupi. 

(KR-TFT/T011)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017