Sekadau (Antara Kalbar) - DPD KNPI Kabupaten Sekadau periode 2016-2019 melalui kader-kadernya siap mendukung pembangunan di wilayah itu.

"KNPI diharapkan harus proaktif dalam berbagai bidang. Karena akan didorong dan mendukung pembangunan di Kabupaten Sekadau. Kader-kader siap mengantarkan kawan-kawan dalam organisasi ini untuk berkiprah di pemerintahan. Kami tidak membedakan suku atau ras," ungkap Ketua KNPI Kabupaten Sekadau, Jonveri. 

Akhir pekan lalu, KNPI Kabupaten Sekadau melaksanakan kegiatan pelantikan dan orientasi, dengan mengusung tema Mewujudkan Pemuda yang Berintegritas dan Berdaya Saing, di Gedung Ketaketik, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Sekadau, Rupinus, Pabung 1204/Sanggau, Mayor Ini Budi Sumarjono, Ketua DPRD Kab Sekadau, Albrtus Pinus, Jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Pengurus KNPI Kabupaten Sekadau.

"Kita tidak ada perbedaan, tujuannya satu. Kita turut serta menjadikan Sekadau, maju mandiri dan berdaya saing. Kami juga mengharapkan dukungan pemerintah, karena masih ada banyak kekurangan," paparnya. 

Sementara itu, Ketua KNPI Provinsi Kalbar Nurat mengatakan, dilantik pada 28 Februari 2017, kita berharap eksistensi KNPI. Berusaha semaksimal mungkin bagaimana membuat program yang ringan-ringan saja yang jelas bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

"Ini organisasi perkumpulan kepemudaan. Semua berkumpul tidak ada sekat dan wadah dan diakui di NKRI dan menyatukan semua kelompok. Kita jelas sangat mengharapkan KNPI akan dilaksanakan yang mana setelah ini akan dibentuk pengurus-pengurus kecamatan," tegasnya. 

Dirinya menambahkan, mulai dari pengurus kecamatan, kabupaten hingga provinsi akan ada pertemuan skala Nasional pada 2018 mendatang. Peserta adalah pengurus pengurus KNPI yang berbatasan langsung dengan negara-negara luar.

"Jangan sebarkan isu-isu kebencian. Kita sebagai pemuda KNPI Kabupaten Sekadau harus bisa memberi pengertian kepada generasi muda terhadap informasi yang ada saat ini. KNPI harus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan," tutupnya. 

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus, mengatakan, bagi yang dilantik selamat menjalankan amanah. KNPI induk organisasi pemuda kepengurusannya terdiri dari OKP.

Data Kesbangpol hingga 2015 jumlah LSM yang terdaftar berjumlah lima LSM. Kalau dilihat faktanya di lapangan banyak sebenarnya kelompok LSM yang dibentuk.

"Namun, perkembangan jumlah organisasi kepemudaan sejak tahun 2011 hingga 2014 hanya 32 organisasi saja. Pemuda menjadi solusi, pemuda harus membekali diri dengan baik. Melatih diri untuk berintegritas dan tindakan yang tidak terpuji harus dihindari. Semangat KNPI harus ada menyusun dan melaksanakan program kerjanya. KNPI harus mampu memfasilitasi anak-anak muda," tutup mantan camat Nanga Mahap itu.

Pewarta: Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017