Sambas (Antara Kalbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar memberi perhatian serius terhadap kondisi rawan dan rentan ancaman bencana di Sambas dan satu di antara langkah yang dilakukan yakni dengan menyiapkan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Peduli Bencana.

"Pembentukan Pokmas Peduli Bencana tersebut adalah untuk mendorong partisipasi dan keterlibatan masyarakat untuk lebih peduli terhadap penanggulangan bencana dalam rangka melakukan upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana," ujar Kabid Kesiapsiagaan BPBD Kalbar, Eko Suprianto saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Eko menjelaskan Pokmas yang akan dibentuk nantinya dari setiap desa-desa akan dibekali pengetahuan di bidang penanggulangan bencana.

"Nantinya mereka akan berperan membantu mengurangi kerentanan masyarakat terhadap ancaman bencana dan membangun kesiapsiagaan masyarakat," jelasnya.

Ia menambahkan pembentukan Pokmas tersebut difokuskan kepada masyarakat yang wilayahnya berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Kita mengharapkan terjadi peningkatan keterlibatan dan peran serta Pokmas dalam kegiatan penanggulangan bencana khususnya kebakaran hutan dan lahan nantinya, harap Eko.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan dibentuknya Pokmas, mampu meningkatkan kapasitas Pokmas sehingga bekerja dengan terkoordinasi, efektif dan efisien, peningkatan kinerja serta daya dan hasil guna kegiatan Pokmas.

"Kembali harapan kita masyarakat dengan secara mandiri dan cekatan ketika terjadi bencana serta menjadi pelopor penggerak pengendalian bencana di desa dengan kinerja terkoordinasi, efektif dan efisien," jelas dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017