Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus meninjau langsung situasi dan kesiapan armada di Dermaga Pelabuhan Rasau Jaya sebagai bentuk upaya persiapan arus mudik Lebaran tahun 2017.

"Di samping melihat perkembangan arus mudik Lebaran di pelabuhan Rasau Jaya, kita juga sekaligus melakukan pengecekan fasilitas dan kelayakan berlayar bagi armada-armada yamg melayani kebutuhan transportasi air di Dermaga Rasau Jaya," kata Hermanus di Rasau Jaya, Selasa.

Dia mengatakan pemantauan langsung yang dilakukan juga untuk memastikan dan menjamin rasa aman bagi pengguna jasa transportasi air di Rasau Jaya.

"Kita juga melakukan pengecekan fasilitas dan kelengkapan berlayar serta kelayakan armada," tuturnya.

Hermanus mengatakan di Rasau Jaya merupakan pelabuhan yang juga melayani penumpang antarkabupaten selain melayani penumpang antarkecamatan dalam Kabupaten Kubu Raya.

Sebagaimana diketahui, armada air yang ada di Rasau Jaya melayani juga penumpang ke Ketapang dan Kayong Utara.

Pada kesempatan itu, ia mengimbau agar armada-armada angkutan mengutamakan keselamatan penumpang, sehingga masyarakat yang melakukan mudik merasa aman dan nyaman.

Hermanus menuturkan bahwa Pemerintah Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas juga menyiapkan petugas kesehatan di posko bersama pemantauan mudik Lebaran 2017.

"Ini kita lakukan kerja sama dengan kepolisian dari Polsek Rasau Jaya, Dinas Perhubungan, Pemerintah Kubu Raya. Kita siapkan petugas kesehatan di sini untuk melayani para pemudik yang menggunakan angkutan air dari Rasau Jaya ini," katanya.

Hermanus mengatakan akan terus memantau perkembangan arus mudik di Rasau, apabila membutuhkan penambahan personil baik tenaga kesehatan maupun petugas dari Perhubungan akan segera dilakukan penambahan.

(KR-RDO/A043)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017