Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono meminta pihak penyelanggaraan Festival Meriam Karbit malam Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah dalam mempersiapkan dengan matang agar kegiatan berlangsung lancar dan sukses.

"Saya minta kepada panitia agar dapat mengatur dengan baik segala persiapan hingga pada pelaksanaan Festival Meriam Karbit berjalan dengan lancar dan sukses," ucapnya di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, permainan meriam karbit memiliki sejarah terkait berdirinya Kota Pontianak dan hanya ada di Kota Pontianak, sehingga patut dilestarikan dalam menarik minat orang luar untuk berkunjung ke Pontianak.

Sementara itu, Sekretaris Forum Meriam Karbit Kota Pontianak, Barry Shilmon menyatakan, Festival Meriam Karbit tahun 2017 akan diikuti oleh 44 kelompok dengan jumlah keseluruhan sebanyak 259 unit Meriam Karbit.

Ia menjelaskan, Festival Meriam Karbit 2017, dimulai bertepatan malam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Tahun ini Festival Meriam Karbit akan dipusatkan di Gang Kamboja, pinggiran Sungai Kapuas. Ada empat kriteria penilaian dalam festival yang rutin digelar setiap malam Lebaran ini, yakni dari bunyi meriam, motif meriam, kebudayaan yang ditampilkan serta dekorasinya," ungkapnya.

Total hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp39 juta, dengan rincian juara I akan mendapatkan Rp8 juta, juara II Rp6 juta, dan juara III sebesar Rp4 juta. Selain itu, ada pula hadiah bagi pemenang harapan I, II dan III serta juara favorit.

Untuk persiapan panggung utama, lokasi penjemputan tamu dan kemasan acara pembukaan sudah dipersiapkan panitia.

Sedangkan untuk penjemputan tamu undangan VIP akan menggunakan transportasi air dari Hotel Kartika ke lokasi acara. Tamu lainnya akan dilakukan penjemputan dari Pelabuhan Seng Hie.

"Digunakannya transportasi air karena akses menuju lokasi kegiatan yakni di Kampung Kamboja tidak memungkinkan untuk dilewati tamu undangan karena akses jalan menuju lokasi akan ramai dikunjungi oleh warga, dan jalannya juga sempit," katanya.

(A057/M019)

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017