Sambas (Antara Kalbar) - Khatib Shalat Idul Fitri Masjid Nurul Ikhsan, Desa Pipitteja, Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Herdianto, mengajak umat Muslim untuk tetap meningkatkan amal ibadahnya meskipun Ramadhan sudah berakhir.

"Mari kita terus meningkatkan amal ibadah yang telah dilakukan sepanjang bulan Ramadhan, sehingga kita termasuk golongan orang yang beriman kepada Allah SWT," katanya saat menyampaikan khutbah di Pipitteja, Minggu.

Menurut dia, dengan masuknya Syawal atau Idul Fitri, maka umat Muslim dikembalikan kepada fitrahnya, yakni kembali suci seperti bayi, setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Selama Ramadhan, ujarnya, umat telah mampu menaklukkan rasa lapar dan haus, serta berlomba-lomba meningkatkan ibadah, baik secara kualitas maupun kuantitas.

"Untuk itu, mari kita terus bersyukur, karena telah mampu melaksanakan ibadah puasa sepanjang bulan Ramadhan," katanya.

Setelah Ramadhan, katanya, amal dan ibadah hendaknya terus ditingkatkan.

"Bukan malah selesai bulan Ramadhan, kita kembali berbuat apa yang dilarang oleh Allah SWT," katanya.

Selain itu, katanya, umat tidak boleh lebih mengagungkan kekayaan dan kekuasaan agar hidupnya tidak tersesat.

"Jangan sekali-kali merampas hak orang lain dan terus melakukan kezaliman di dunia. Tetapi jalankanlah syiar-syiar Islam sehingga tetap berada di jalan yang di ridai Allah SWT," katanya.

Kekayaan dan jabatan, ujarnya, hal kecil di mata Allah.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak umat Muslim selalu berusaha berbuat baik kepada orang tua dan orang lain, karena Islam selalu mengajarkan umatnya untuk berbuat baik kepada semua umat manusia.

"Karena hidup tidak akan tenang kalau silaturahim putus, sehingga rahmat Allah SWT akan menjauh. Karena keridaan orang tua akan menyeret kita ke surga, namun sebaliknya kemarahannya akan menyeret kita ke neraka, sehingga berbahagialah kita apabila masih memiliki ibu," ujarnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017