Pontianak  (Antara Kalbar) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan saat melakukan kunjungan kerja di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (12/7) kemarin menyatakan terkesan dengan ruang Pontive Center yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Pontianak.

"Alhamdulillah Dubes AS Joseph R Donovan mengaku terkesan dengan apa yang telah dilakukan Pemkot Pontianak dalam membangun Pontianak, kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Kamis.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan singkat sekitar satu, Dubes banyak mendapat informasi, seperti Pontianak adalah kota dengan standar pelayanan publik terbaik seluruh Indonesia selama dua tahun berturut-turut.

"Mereka juga menanyakan tentang perizinan, saya sampaikan di Pontianak perizinan yang tercepat seluruh Indonesia," katanya.

Menurut dia, Dubes AS juga mengapresiasi beberapa hal berkaitan dengan kemajuan IT yang diterapkan Pemkot Pontianak.

Bahkan, saat ditanya apakah ada layanan masyarakat yang menggunakan aplikasi, di mana aplikasi itu bisa langsung merespon keluhan masyarakat, orang nomor satu di Kota Pontianak ini mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki aplikasi tersebut dan sudah berjalan lebih dari setahun lalu.

"Pemanfaatan IT, di Pontianak sudah lebih dulu menggunakannya, seperti pemantauan harga, perizinan online dan lainnya," ungkap Sutarmidji.

Terkait peluang apa saja yang bisa dijajaki di Pontianak, dirinya menyebut Pontianak ini merupakan kota jasa dan perdagangan. Karenanya, pihaknya membuka pintu bagi siapa pun yang berminat untuk berinvestasi di bidang jasa dan perdagangan.

"Kita akan berikan kemudahan-kemudahan bagi mereka yang ingin berinvestasi di sini," tuturnya.

Ia juga meminta keberadaan American Corner milik AS tidak hanya di Universitas Tanjungpura saja, tetapi juga ditempatkan di taman-taman supaya masyarakat tahu lebih banyak dan bisa mencari informasi untuk kemajuan mereka di American Corner.





(U.A057/B/Y008/Y008) 13-07-2017 13:48:01

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017