Singkawang (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Singkawang, Syech Bandar mengimbau agar masyarakat kota setempat waspada terhadap ancaman banjir yang mungkin bisa datang di saat musim hujan sekarang.

"Melihat cuaca beberapa hari kemarin, saya imbau masyarakat tetap waspada terhadap banjir yang mungkin bisa datang saat hujan sekarang ini," kata Syech Bandar, Sabtu.

Dia juga mengimbau instansi pemerintah dan aparat yang membidangi bencana, untuk siang menyikapi kondisi cuaca sekarang ini.

"Saya minta mereka `standby` dan sudah siap apabila memang terjadi banjir baik pada siang maupun malam hari," tuturnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang, Arman Suyono, mengakui jika akhir-akhir ini curah hujan yang terjadi di kota setempat memang cukup tinggi.

"Potensi bencana alam seperti banjir bisa saja terjadi di Kota Singkawang. Meski demikian, kita berharap di Singkawang tidak sampai terjadi bencana banjir," kata Arman.

Mengantisipasi hal itu, dia mengimbau agar warga senantiasa membersihkan saluran-saluran air yang mulai tersumbat.

"Mana saluran drainase yang sudah mulai tersumbat, segeralah dibersihkan. Supaya bencana banjir dapat dicegah," katanya.

Namun, kalau pun memang terjadi banjir, dirinya meminta agar warga mau mengungsi ke tempat yang sudah disediakan BPBD Singkawang.

Dengan begitu, pihaknya pun dapat menyalurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir.

"Karena bantuan itu bisa disalurkan, apabila warga mau diungsikan ke tempat yang sudah disediakan pemerintah," tuturnya.

Sementara itu, beberapa bantuan untuk korban bencana alam yang sudah disiapkan antara lain lauk pauk paket A 33 paket, lauk pauk paket B 50 paket, lauk pauk paket C 50 paket, lauk pauk paket D 50 paket, tenda gulung 51 lembar, dan sandang lengan panjang 25 paket.

"Secara keseluruhan bantuan bencana alam yang kita siapkan adalah senilai Rp30.376.840," katanya.

(KR-RDO/M007)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017