Sambas (Antara Kalbar) - Komando Rayon Militer (Koramil) 1202-04/ Sanggau Ledo memberikan pendidikan bela negara kepada siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sanggau Ledo sekaligus membedah butir-butir Pancasila.

"Pemberian pembekalan kepada para siswa tersebut untuk siswa baru. Sebanyak 74 siswa yang ikut sebagai peserta," ujar Komandan Rayon Militer 1202-04/ Sanggau Ledo, Kapten Inf. Juju Jakaria saat dihubungi di Bengkayang, Minggu.

Ia menambahkan selain memberikan seputar Pancasila juga menyampaikan tentang wawasan membentuk karakter anak bangsa untuk memperkuat ketahan nasional.

"Wawasan membangun karakter meliputi tentang ketahanan nasional, tetangguhan keuletan dan mampu kembangkan kekuatan nasional secara langsung dan secara tidak langsung," kata dia.

Dengan adanya ketahanan nasional menurutnya dapat membentengi diri dari bahaya dan pengaruh narkoba, paham radikalisme dari luar negeri yang bertujuan untuk merusak generasi muda anak bangsa.

"Kita tidak ingin generasi muda hancur masa depan dan tidak mempunyai karakter. Setelah karakter bangsa rusak jadi bagaimana bisa mempertahankan NKRI," jelasnya.

Dikatakannya ketahanan nasional harus dimulai dari ketahanan peribadi, ketahanan keluarga, ketahanan lingkungan kerja,tempat tinggal dan wilayah. Hingga akhirnya akan bertemu pada satu titik dengan ketahanan nasional.

"Nah , dengan adanya pembekalan bela negara bagi siswa ini semoga dapat memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara dan juga semakin mencintai dan menghayati makna berbangsa dan bernegara dalam wadah NKRI," jelasnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017