Pontianak  (Antara Kalbar) - Sebanyak 650 jamaah calon haji Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa, mengikuti manasik haji massal tingkat Kota Pontianak di Aula Masjid Raya Mujahidin.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji yang membuka secara resmi manasik haji massal itu, berpesan kepada seluruh calon haji, supaya mengikuti proses manasik haji dengan tekun hingga selesai meskipun ada yang pernah mengikuti umroh atau naik haji sebelumnya.

"Saya minta jamaah calon haji mendengarkan saran-saran yang disampaikan para pembimbing manasik haji, agar selamat dan menjadi haji mabrur," ujarnya.

Selain itu, Sutarmidji juga berpesan supaya para jamaah calon haji lebih bersabar dan disiplin dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan haji, termasuk menjaga kesehatan dan selalu mengikuti arahan pembimbing haji.

"Pesan saya, jangan belanja apapun sebelum selesai menunaikan seluruh rukun ibadah haji, terkadang belum selesai ibadah haji tas sudah penuh dengan belanjaan sehingga kekhusukan ibadah hajinya hilang," ungkapnya.

Sutarmidji juga berpesan kepada para pembimbing maupun kelompok jamaah calon haji untuk memperhatikan jamaahnya dan bisa mengarahkan jamaah sesuai dengan aturan.

"Para pembibing harus juga memahami karakter jamaah yang dipimpinnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenetrian Agama (Kemenag) Kota Pontianak, Jawani menjelaskan, tahun ini ada sebanyak 650 jamaah calon haji yang berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

"Yang terdiri dari 260 jamaah haji laki-laki, dan 390 jemaah haji perempuan. Sebanyak 650 jamaah calon haji Kota Pontianak terbagai dalam lima kloter, yakni kloter 12,13,14,15 dan 16," katanya.

(U.A057/B008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017