Denpasar (Antara Kalbar) - PT Pertamina memberikan pelatihan kepada pelajar SMK Negeri 1 Denpasar keahlian otomotif sehingga diharapkan menjadi tenaga terampil dan siap kerja setelah menempuh pendidikan sekolah.

"Program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa SMK, khususnya jurusan otomotif. Bekal ini nantinya bisa digunakan para siswa untuk terjun ke dunia kerja baik sebagai mekanik bahkan pemilik bengkel," kata Asisten Manajer Komunikasi Pertamina Retail Yoesoef Alfredo S di Denpasar, Rabu.

Pelatihan itu dilaksanakan selama dua hari yang telah diselenggarakan untuk yang ke-43 kalinya dengan sekolah yang terpilih yaitu SMK Negeri 1 dan SMK Saraswati 2 Denpasar.

Sebelumnya, pelatihan yang sama juga diselenggarakan di sekolah swasta maupun negeri secara nasional.

"Kami memberikan teori dan praktik untuk peningkatan kompetensi siswa dan kami berharap ini bisa mengurangi angka pengangguran," ujarnya.

Pada pelatihan ini juga, siswa akan dikenalkan dengan praktik penggantian pelumas menggunakan produk pertamina untuk kendaraan roda dua yang dipandu oleh mekanik dari Bright Olimart, yang merupakan salah satu unit bisnis PT Pertamina Retail yang berada pada SPBU Coco.

Dalam kesempatan yang sama, BUMN itu juga memberikan bantuan tanggung jawab sosial berupa perangkat peralatan alat penggantian pelumas dan produk pelumas "enduro matic dan enduro racing".

Dia menjelaskan dipilihnya sekolah kejuruan mengingat SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diharapkan dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Menurut dia, salah satu misinya, SMK dapat menyiapkan siswa yang siap menjadi tenaga kerja, sehingga setiap lulusan dari SMK diharapkan dapat mempuai bekal yang cukup untuk dapat terjun ke dunia kerja dan dunia usaha.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017