Sintang (Antara Kalbar) - Sebanyak 9.402 jiwa penduduk Kabupaten Sintang Kalimantan Barat menerima kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total bantuan sebesar Rp9,4 miliar.

"Program Keluarga Harapan itu bertujuan mengurangi angka kemiskinan sekaligus sejalan dengan visi pembangunan daerah dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, maju, religius, dan sejahtera," kata Sekretaris Daerah Sintang Yosepha Hasnah saat peluncuran Kartu PKH di Kecamatan Sungai Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat, Minggu.

Bantuan melalui program keluarga harapan tersebut, kata dia, akan diterima masyarakat secara nontunai melalui Bank Mandiri.

"Dahulu bantuan langsung tunai melalui kartu Pos. Namun, sekarang penyalurannya melalui kartu PKH yang disalurkan melalui Bank Mandiri," jelas Hasnah.

Dikatakan Hasnah bahwa dana bantuan yang akan diterima masyarakat tersebut berjumlah Rp1.890.000,00 dalam setahun, pada tahap 1 s.d. 3 masing-masing sebesar Rp500 ribu, kemudian tahap keempat sebesar Rp390 ribu.

Ia menjelaskan bahwa satu orang keluarga penerima manfaat jika itu penerima bansos PKH dengan komponen tunggal, seperti lansia atau disabilitas berat, akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2 juta.

"Kita harus mengawal implementasi program tersebut, apalagi saat ini Sintang sedang mewujudkan masyarakat yang sejahtera lepas dari lilitan kemiskinan," kata Hasnah.

PT Bank Mandiri, Area Transaction dan Funding Manager, Galih Setiawan mengatakan bahwa pihaknya komitmen mendukung implementasi program kerakyatan pemerintah.

"Bank Mandiri menyalurkan bantuan sosial PKH sebesar Rp9,4 miliar kepada 9.402 jiwa penduduk Sintang," kata Setiawan

Ia mengatakan bahwa agen-agen Bank Mandiri juga memberikan layanan keuangan tanpa kantor cabang bank pada masyarakat yang belum memiliki akses layanan keuangan untuk transaksi perbankan terbatas.

"Harapan saya, para agen juga dapat meningkatkan literasi keuangan KPM sehingga dapat mendukung program inklusi finansial," kata Galih.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang Apolonius Sudin meminta bank dan pendamping PKH untuk benar-benar memberikan arahan pada para penerima.

"Kami juga meminta para penerima untuk memanfaatkan dan menggunakan dana tersebut dengan baik," kata Sudin.



(T.KR-TFT/D007)

Pewarta: Tantra

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017