Putussibau (Antara Kalbar) - Pelaksanaan upacara HUT ke-72 RI di Kecamatan Bika, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, di lokasi yang dipenuhi genangan air karena banjir yang melanda daerah tersebut.

"Tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan, jika dibandingkan perjuangan para pejuang yang merebut kemerdekaan memang tidak seberapa, namun kami tetap laksanakan upacara bendera meskipun masih dilanda banjir," kata Camat Bika Hermanus Susanto ketika ditemui di Kecamatan Bika, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis.

Menurut Hermanus, kedalaman air akibat luapan Sungai Kapuas saat ini mencapai 60 cm.

"Saya melihat semua pihak di kecamatan baik itu TNI, kepolisian, masyarakat, pelajar dan pegawai yang bertugas di Bika sangat semangat meskipun kami dilanda banjir," jelas Hermanus.

Dikatakan Hermanus, upacara bendera dalam kondisi banjir tersebut salah satu momentum tepat untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan.

"Paling tidak kami berusaha membuktikan rasa cinta tanah air kami kepada bangsa ini," tutur Hermanus.

Dirinya pun mengajak semua pihak untuk terus melakukan yang terbaik dalam mengisi kemerdekaan, dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Bagaimanapun keadaannya, kita harus bangga dengan Indonesia, dan harus tetap kita pertahankan kemerdekaan yang dititipkan para pendahulu," kata Hermanus.

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017