Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengapresiasi Pelindo II memaksimalkan peran Pelabuhan Sintete, Sambas ditandai adanya kerjasama antara Kemenhub tentang pemanfaatan barang milik negara berupa bangunan dermaga pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Sintete di daerah itu.

"Saat ini Pelabuhan Sintete baik untuk angkutan barang maupun orang masih memprihatinkan dalam pemanfaatanya. Dengan hadirnya Pelindo memaksimalkannya tentu kita sambut baik," ujar bupati saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Atbah menjelaskan dari pihak mana pun Pemda Kabupaten Sambas akan mendukung dalam optimalisasi Pelabuhan Sintete tersebut.

"Pelabuhan sangat memiliki peran penting. Sehingga kita siap mendukung untuk kemajuan daerah," kata dia.

Ia berharap ke depan dengan maksimalnya pemanfaatan maka ekonomi bisa bergeliat dan tumbuh, sehingga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya kerja sama tersebut Pelabuhan Sintete akan dilengkapi dengan jembatan timbang yang dibuat untuk memenuhi unsur keselamatan pelayaran dimana barang yang akan dimuat ke atas kapal dapat secara akurat diketahui beratnya sehingga risiko kapal kelebihan muatan dapat dihindari.

Selain itu, Pelabuhan Sintete direncanakan dilengkapi dengan pompa CPO, sebagai fasilitas pelengkap sebagai antisipasi berkembangnya sektor perkebunan kelapa sawit di Kalbar.




(U.KR-DDI/H007)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017