Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang terpilih, Tjhai Chui Mie, akan menyerahkan empat ekor sapi untuk kurban ke beberapa masjid dan pengurus PDI Perjuangan setempat.

"Totalnya ada empat ekor sapi yang akan kita serahkan, dengan rincian dua ekor untuk masjid di Singkawang Utara, satu ekor untuk masjid di Singkawang Selatan dan satu ekor untuk pengurus partai PDIP Singkawang," kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Kamis.

Menurutnya, penyerahan empat ekor sapi untuk kurban tersebut akan dilakukan pada siang hari sekitar pukul 11.00 WIB.

"Berkurban mengajarkan kita untuk rela berkorban, memupuk rasa empati yaitu melatih kita memiliki sikap kepedulian sosial, membangun sikap solidaritas, melatih kita untuk menjadi dermawan dalam kebaikan sangat baik dan banyak manfaatnya karena dengan bersedekah yang ikhlas, maka Allah akan selalu meridhoi usaha atau kerja kita sehingga semakin lancar dan makin sukses," ujarnya.

Dia berharap, semoga pembagian hewan kurban itu bermanfaat bagi keluarga yang menerima dan tepat sasaran.

Secara terpisah, karyawan dan karyawati PLN Area Singkawang akan melakukan pemotongan hewan kurban di lingkungan Kantor PLN kota setempat, Sabtu mendatang.

"Pemotongan ini sifatnya hanya untuk di lingkungan saja karena tahun ini hanya memotong hewan kurban sedikit, itu pun atas inisiatif karyawan dan karyawati saja," kata panitia kurban PLN Area Singkawang, Wawan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Nahruzi mengimbau umat Muslim di Singkawang yang memiliki kemampuan agar dapat melaksanakan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

"Saya imbau kepada umat Muslim yang punya kelebihan untuk dapat mensucikan hartanya melalui berkurban di hari raya Idul Adha tahun ini," kata Nahruzi.

Dan kepada pengurus mesjid se-Kota Singkawang diingatkannya, untuk dapat melaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan sebaik-baiknya. Karena disamping ada hak-hak sebagai penerima kurban, ada pula hak-hak pada saat penyembilahan hewan kurban dan hak-hak dari binatang kurban itu sendiri.

"Jadi kepada pengurus mesjid yang mendapat amanah melakukan pemotongan hewan kurban diharapkan bisa melaksanakannya dengan baik," ujarnya.

(KR-RDO/T011)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017