Sambas (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sambas, Kalbar, menggelar pemilihan pelajar pelopor keselamatan jalan tingkat kabupaten yang bertujuan untuk memberikan penghargaan dan meningkatkan tentang kesadaran dan keselamatan berlalulintas.
"Program yang kita lakukan ini sebagai upaya untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan jalan. Yang terpilih akan menjadi Duta Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan tingkat Kabupaten 2017," ujar Kepala Bidang Lalulintas Angkutan Jalan Dishub Sambas, Zulfan di Sambas, Kamis.
Zulfan menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar tersebut merupakan kegiatan baru kali perdananya yang dilakukan Dishub Sambas.
"Kita harapakan kegiatan ini dapat berjalan secara berkesinambungan setiap tahun untuk memilih perwakilan pelajar pelopor tingkat kabupaten. Terpenting lagi akan dapat meningkatkan kedisiplinan perlajar yang terlibat saat di jalan," katanya.
Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Juliansah menambahkan bahwa maksud dari diselenggarakannya Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan tingkat Kabupaten tahun 2017, adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalulintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Selain itu juga dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.
"Sedangkan untuk materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, misalnya sarana lalulintas, prasarana lalu lintas, manajemen kampanye keselamatan jalan, serta budaya dan etika berlalulintas," jelas dia.
Ia menyebutkan dalam pelaksanaan sebanyak enam pelajar yang mengikuti program tersebut. Pelajar tersebut perwakilan dari SMAN 1 Sambas, SMAN 1 Selakau dan SMAN 1 Teluk Keramat.


(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017