Pontianak (Antara Kalbar) - Asisten III Setda Kabupaten Sambas, Kalbar Yayan Kurniawan menyebutkan sebagaimana jadwal yang ada, jamaah haji asal Kabupaten Sambas akan tiba di Sambas pada Minggu, 24 September 2017 mendatang.

"Saat ini jamaah sudah berada di Madinah, Arab Saudi. Kurang dari seminggu lagi akan tiba," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Yayan menjelaskan untuk menyambut kedatangan jamaah haji, pihaknya menggelar rapat persiapan bersama pihak terkait.

"Kita telah menggelar rapat bersama pihak kepolisian, Dinas Perhubungan serta pihak lainya," ujarnya.

Sehari sebelum ke Sambas, menurut Yayan jamaah haji terlebih dahulu diinapkan di Asrama Haji Pontianak.

"Esok harinya, Minggu pagi jamaah haji baru berangkat dari Pontianak menuju Sambas," papar dia.

Yayan menjelaskan, sesuai rencana akan disambut di Selakau oleh Bupati Sambas. Teknis ketibaan yakni tiba di Selakau untuk berjamaah sholat zuhur di Mesjid Selakau. Kemudian dilanjutkan ke Pemangkat bagi jamaah Kecamatan Pemangkat turun di Mesjid Pemangkat.

"Untuk jamaah asal Jawai dan Jawai Selatan diturunkan di Penjajab. Sedangkan jamaah asal Tebas dan Tekarang akan disambut di Tebas. Sementara untuk jamaah kecamatan lain akan disambut di mesjid Babul Jannah Sambas. Setiap penurunan jamaah ada petugasnya," jelasnya.

Untuk barang bawaan jamaah akan dijemput lebih awal dengan menggunakan dua unit truk. Barang bawaan jamaah juga akan diturunkan di empat titik, sesuai dengan penurunan jamaah haji.

"Sementara untuk barang bawaan salah satu jamaah haji asal Sambas yang meninggal dunia akan diserahkan kepada pihak keluarga," kata dia.

Ia menambahkan, untuk menjaga kesehatan jamaah, di titik penurunan jamaah telah disediakan ambulans.

"Dinas kesehatan menempatkan ambulans dan tenaga kesehatan di empat titik penurunan," jelasnya.


(U.KR-DDI/T013)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017