Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 444 jamaah haji asal Provinsi Kalimantan Barat dari kloter 11 Embarkasi Batam mulai tiba di Asrama Haji Kalbar, Selasa.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar, Syarulyadi di Pontianak mengatakan, kepulangan jamaah haji berjalan lancar, meski ada beberapa orang jemaah dalam keadaan sakit.

"Hari ini sebanyak 444 jamaah haji yang tiba, terdiri dari empat kabupaten, yakni Mempawah, Sanggau, Melawi dan Landak. Alhamdulillah semua berjalan lancar," katanya.

Menurut dia, di kloter 11 ini, ada satu haji asal Kabupaten Mempawah yang meninggal di tanah suci Mekah.

"Kepulangan jmaah haji asal Kalbar akan terus berlangsung selama lima hari ke depan dengan total 2.514 jamaah," katanya.

Sebelumnya, Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kementerian Agama Kalimantan Barat Huznul Azmi mengatakan, tercatat sebanyak empat jmaah haji asal Kalbar meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah.

Keempat jemaah haji yang meninggal, yakni Razali Haka Abdul Karim (Pontianak, meninggal di Mekah, usia 82 tahun), Uray Suarni Uray Hasanuddin (Singkawang, meninggal di Madinah, usia 61 tahun), Rubianto Karlan Wirjodiharjo (Kubu Raya meninggal di Mekah, usia 80 tahun) dan Hadri Jamad Ali (Sambas, meninggal di Mekah dalam usia 42 tahun.

Untuk tahun ini sebanyak 2.527 jamaah haji asal Kalbar, terbagi dalam enam kloter atau mengalami peningkatan, dari sebelumnya 1.872 jamaah meningkat menjadi 2.527 jamaah atau ada penambahan dua kloter.



(U.A057/S023)

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017