Sukadana (Antara Kalbar)- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kayong Utara Tajudin mengatakan budidaya rumput laut di Kepulauan Karimata perlu mendapatkan perhatian khusus oleh  pemerintah sebagai sumber mata pencarian  alternatif bagi masyarakat yang ada di pulau tersebut.
   
"Kalau kita lihat nelayan kita masih tradisonal,  kadang-kadang juga tidak mendapatkan hasil jika melaut," jelas Tajudin di Sukadana.
    
Menurut dia, gulma laut yang biasa tumbuh di pesisir pantai dan di terumbu karang ini diyakininya bisa menjadi sumber mata pencarian baru bagi masyarakat Kepulauan Karimata jika dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah. Terutama peningkatan pengetahuan masyarakat dalam  membudidayakan biota laut tersebut.
    
"Kemarin, sempat berhasil membudidayakan rumput laut disana, namun sayang tidak dilanjutkan, seharusnya diteruskan, masyarakat disana jadi trauma, karena tidak ada tindak lanjut lagi sampai sekarang," ungkap anggota DPRD dari  dapil Kepulauan Karimata dan Pulau Maya ini.
    
Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai  Nasdem Kabupaten Kayong Utara ini juga meyakini pemasaran budidaya rumput laut tidaklah sulit dikarenakan jenis biota laut ini bernilai ekonomis tinggi yang sangat diminati negara lain.
    
"Soal pemasaran  rumput laut, saya pernah melihat di daerah luar cukup bagus dan prospek rumput laut ini cukup cerahlah, barang inikan kualitas ekspor," katanya lagi.



Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017