Pontianak  (Antara Kalbar) - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pontianak, Andreas Acui Simanjaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang rencana kenaikan batas bawah tiket pesawat karena akan berdampak pada sektor ekonomi.

"Harga tiket batas bawah naik maka harga tiket pesawat khususnya kelas ekonomi sebagai wacana akan naik pula. Itu tentu membebani konsumen dan sektor ekonomi lainnya," ujarnya, Kamis di Pontianak.

Ia menilai transportasi umum merupakan satu di antara urat nadi perekonomian. Oleh sebab itu menurutnya transportasi massal harus murah dan mudah bagi masyarakat.

"Kembali menaikkan ongkos transportasi harus dikaji mendalam karena menyangkut kepentingan masyarakat. Apalagi saat ini tranportasi udara sudah kebutuhan," kata dia.

Sementara itu, Distrik manager Lion Air Group Pontianak, Lukman Nurjaman mengatakan dengan adanya kenaikan harga batas bawah maka secara otomatis harga tiket pesawat akan naik.

"Batas bawah tentu berpengruh. Namun seberapa besar pengaruhnya belum bisa dipastikan," papar dia.

Ia menambahkan dilihat dari jumlah penumpang juga akan ada penurunan dengan kenaikan harga batas bawah tersebut. Namun kata dia penurun penumpang hanya terjadi pada jam tertentu.

"Kita dari maskapai tentu akan mengikuti atauran yang ada. Jika ada kenaikan maka ada penyesuaian," kata dia.

(U.KR-DDI/T007)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017