Pontianak  (Antara Kalbar) - Jajaran TNI Angkatan Laut di wilayah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, ikut membantu pelajar setempat bersekolah dengan cara menyiapkan angkutan untuk menyeberangi sungai yang jaraknya 2,8 mil.

"Karena keterbatasan alat angkut, kami ikut membantu mereka menggunakan kapal patroli agar tiba tepat waktu di sekolah," kata Komandan Pos TNI AL Pemangkat, Kabupaten Sambas, Serda Mes Yohanes saat dihubungi di Pontianak, Kamis.

Ia melanjutkan, selama ini kapal yang biasa mengangkut masyarakat termasuk para pelajar untuk menyeberang dari Kecamatan Jawai ke Pemangkat, mengalami kerusakan teknis.

Termasuk sejumlah siswa SMPN 1 Pemangkat yang tinggal di Dusun Kalangbau, Desa Sungai Pasir, Kecamatan Jawai. "Jumlahnya ada lima hingga enam pelajar, yang bergantian menyeberang," kata dia.

Ia melanjutkan, tugas TNI AL tidak hanya mengamati wilayah perairan melainkan mengetahui masalah yang ada di masyarakat, juga mencari solusi agar bisa terpecahkan.

"Salah satunya, kendala dan keterbatasan transportasi sungai di Sambas," ujar dia.

Menyeberangkan para siswa ini menjadi tugas keseharian petugas Pos TNI AL di Pemangkat. "Setiap hari terkecuali hari libur sekolah. Ada goresan senyum bahagia ketika melihat anak-anak terakhir sudah diseberangkan," katanya.

Diharapkan, keterbatasan angkutan sungai di Kabupaten Sambas segera diatasi sehingga transportasi warga menjadi lebih lancar.





(T.T011/H005)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017