Putussibau (Antara Kalbar) - Kementerian Informasi dan Informatika membangun sembilan tower mini yang tersebar di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Peralatan untuk pembangunan tower mini itu sudah datang semua, bahkan sudah ada beberapa unit yang sudah selesai dibangun," kata Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, William ditemui, di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis.

Dijelaskan William, sembilan tower mini itu dibangun di beberapa titik seperti di Desa Ujung Said, Kecamatan Jongkong, Desa Nanga Boyan dan Nanga Jemah, Kecamatan Boyan Tanjung, Desa Tani Makmur Kecamatan Hulu Gurung, Desa Sekubah,Kecamatan Selimbau, Desa Setulang Kecamatan Batang Lupar, Desa Nanga Lauk Kecamatan Embaloh Hilir, Desa Pulau Majang Kecamatan Badau, dan Desa Riam Tapang Kecamatan Silat Hulu.

Dikatakan dia, jangkauan jaringan tower mini itu kurang lebih dua kilometer.

Lebih lanjut William mengatakan masih banyak daerah di Kapuas Hulu yang belum terjangkau jaringan komunikasi.

"Untuk tahuh depan sudah ada 61 tower yang diusulkan salah satunya di Desa Sungai Mawang dan Merakai Kecamatan Puring Kencana, bahkan sudah ada tim yang melakukan survei," ucap William.

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan satu dari lima kabupaten di Kalbar yang terletak di wilayah perbatasan. Selain itu, Kabupaten Kapuas Hulu juga dikenal sebagai kabupaten konservasi.

Keterbatasan infrastruktur termasuk di bidang telekomunikasi merupakan kondisi yang dialami kabupaten tersebut.

(T.KR-TFT/T011)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017