Singkawang (Antara Kalbar) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang akan menggelar apel 1000 relawan dalam rangka gerakan pengurangan resiko bencana di halaman Kantor Camat Singkawang Utara, Sabtu (4/11) mendatang.

"Jadi kami mengharapkan kepada kawan-kawan khususnya SOPD, masyarakat, LSM dan relawan BPBD untuk dapat menghadiri apel tersebut," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Jayadi, Kamis.

Kemudian, katanya, setelah melaksanakan apel, pihaknya juga akan menggelar kerja bakti berupa bersih sungai yang difokuskan di beberapa wilayah seperti Kelurahan Bukit Batu, Naram dan Sungai Garam.

"Ada tiga kelurahan yang menjadi sasaran kerja bakti ini, antara lain Bukit Batu, Naram dan Sungai Garam," ujarnya.

Dalam kegiatan ini pihaknya mohon partisipasi masyarakat khususnya yang berada di beberapa tempat yang akan dijadikan sasaran kerja bakti itu, seperti Jalan STKIP, Jalan Akasia, Gang Adelia Bukit Batu, Jalan Semai sampai Kantor Lurah Sungai Garam.

Menurutnya, kerja bakti yang digelar adalah dalam rangka pengurangan resiko bencana. Mengingat beberapa tempat yang dijadikan sasaran kerja bakti itu didapati pintu air yang masih belum dibetulkan.

"Sehingga untuk aksi bersih-bersih kita fokuskan di tiga wilayah itu yakni Bukit Batu, Naram dan Sungai Garam," ungkapnya.

Karena di tiga kelurahan tersebut termasuk daerah yang rawan dengan bencana seperti banjir.


(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017