Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang Awang Ishak akan mengembalikan fungsi Pasar Beringin Singkawang seperti semula, karena yang dulunya di sekitar pasar tersebut hanya ada jalan namun sekarang sudah beralih fungsi karena banyaknya bangunan dan ruko untuk berjualan.

"Dulunya setelah jembatan itu yang di wilayah Pasar Beringin merupakan jalan yang saling berhubungan," kata Awang Ishak, usai melakukan penijauan Pasar Beringin dan sekitarnya, Selasa.

Tapi sayang, katanya, pada tahun 2001 sewaktu masih bergabung dengan Kabupaten Bengkayang, banyak keluar sertifikat izin bangunan, akhirnya jalan-jalan penghubung itu menjadi sempit dan hilang, inilah yang ingin kita kembalikan lagi fungsinya.

Menurut Awang, dengan sudah dikembalikannya fungsi pasar tersebut, maka para pedagang yang ada di Pasar Beringin Singkawang akan ditempatkan di tempat yang layak.

"Namun dalam prosesnya, tentunya kita mengharapkan dukungan dari berbagai pihak termasuk Wali Kota Singkawang yang baru," ujarnya.

Menurutnya, para pedagang bisa saja di pindahkan di Alianyang dan pasar lainnya. Kemudian, untuk pedagang baju mungkin bisa dicarikan tanah di belakang Pasar Alianyang, tentu ini bisa dilanjutkan Wali Kota berikutnya.

"Mudah-mudahan ibu Tjhai Chui Mie juga sepaham terkait masalah ini," ungkapnya.

Dimana nantinya Pasar Beringin Singkawang ini akan di bangun Pujasera non muslim yang berhubungan dengan Pasar Hongkong.

"Kita juga sudah ada dananya dari pusat sehingga memang perlu adanya tindakan, salah satunya menjadikan Pasar Beringin ini menjadi Pujasera non muslim," katanya.

(U.KR-RDO/H005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017