Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Bosni meminta agar pemuda dapat meningkatkan produktivitas serta kreativitas pemuda pemudi Kota Singkawang.

"Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan program-program pemerintah dan pemuda sehingga dapat berjalan bersama-sama," kata Bosni, saat menggelar pertemuan dengan pemuda Singkawang dalam rangka konsolidasi dan diskusi di Aula Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Minggu.

Kegiatan ini dihadiri ketua-ketua komunitas dan organisasi yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Singkawang.

"Pertemuan ini guna menyelaraskan kegiatan pemuda dan pemerintah, serta mendengarkan kendala-kendala yang dihadapi pemuda dalam melaksanakan kegiatan," ujar Bosni.

Dia berharap, dari pertemuan ini menjadi langkah semakin maju antara pemuda dengan pemerintah dalam meningkatkan produktivitas serta kreativitas pemuda Kota Singkawang.

"Konsolidasi dan diskusi ini menjadi awal yang baik guna terus menselaraskan program-program pemerintah dan pemuda sehingga dapat berjalan bersama-sama," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Aliansi Pemuda Singkawang, Ahmad Maulana mengatakan, dalam pertemuan ini sejumlah hal dibahas dan semoga menjadi program ditindaklanjuti pemuda dalam membangun kepemudaan Kota Singkawang.

Selain itu juga, katanya, adanya diskusi tersebut mendorong pemuda untuk terus mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata, selain sebagai minat dan bakat juga guna meningkatkan pendapatan organisasi serta anggota.

"Salah satu caranya memaksimalkan potensi alam, budaya dan sejarah Kota Singkawang, agar pemuda mampu mendapatkan penghasilan dengan menjadi tour guide," katanya.

Hal lain juga, katanya, agar pemuda tetap mengobarkan semangat Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara, hal ini dikarenakan pemuda menjadi kelompok yang rentan terhadap isu terorisme, narkoba, korupsi serta kesenjangan sosial (lapangan pekerjaan).

"Sehingga seluruh komunitas harapannya segera melengkapi perangkat organisasi seperti AD/ART, struktur, akta notaris hingga di daftarkan ke Kesbangpol," pintanya.

Dia mengatakan, Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan positif pemuda seperti kegiatan sosial, seni dan lain lainnya sehingga sangat membantu pemerintah.

(KR-RDO/N005)  

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017