Singkawang (Antara Kalbar) - Bhabinkamtibmas Kelurahan Nyarumkop Polsek Singkawang Timur, Bripka Dedi Hartono mendapatkan piagam penghargaan dari Kapolda Kalbar tentang Bhabinkamtibmas peduli lingkungan dalam pembuatan jembatan bersama masyarakat dan Patroli Terpadu (Patdu) Manggala Agni (Karhutlahbun).

"Atas penghargaan ini, saya merasa bangga karena secara tidak langsung telah membawa nama baik Polres Singkawang umumnya dan Polsek Singkawang Timur khususnya," kata Kapolsek Singkawang Timur, AKP R Sudirman, Rabu.

Menurutnya, penghargaan itu bukan tanpa alasan, dimana Bripka Dedi Hartono bersama Babinsa Sertu Majid dan warga Kelurahan Nyarumkop secara gotong royong membuat jembatan penyeberangan warga di Nek Usun Rt 12 Rw 01 yang sering dilalui warga.

"Pembuatan jembatan itu dikarenakan selalu menghambat aktivitas warga yang apabila cuaca hujan air turun dari gunung membuat warga tidak bisa menyeberang dikarenakan air sungai meluap dan deras," ujarnya.

Atas kondisi itu, warga harus menunggu hingga berjam-jam hingga air agak mengering/surut, barulah warga bisa menyeberangi sungai tersebut, dikarenakan tidak ada jembatan penyeberangan lainnya.

"Jadi itulah yang membuat Bripka Dedi Hartono bersama Babinsa Sertu Majid dan warga Kelurahan Nyarumkop secara gotong royong membuat jembatan penyeberangan," jelasnya.

Tak hanya itu, menurutnya pula anggotanya ini juga rutin menggelar kegiatan Patroli Terpadu lanjutan dari balai Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (PPI-KHl) Fase kedua (lanjutan dari pos terpadu).

Dalam giat patroli tersebut, pihaknya juga melibatkan tim gabungan dari Manggala Agni, Babinsa, dan masyarakat Kelurahan Nyarumkop.

"Tujuan dari kegiatan patroli ini untuk memberikan imbauan Karhutbunla ke pemukiman warga dan pendataan lokasi maupun lahan perkebunan yang dianggap sebagai bahan pembakaran dan rawan kebakaran," ungkapnya.

"Jadi ini adalah salah satu kegiatan Bhabinkamtibmas Kelurahan Nyarumkop dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya," katanya.

(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017