Singkawang (Antara Kalbar) - Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat memberikan penghargaan kepada tiga personel Polres kota setempat, karena berhasil mengungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan bahan peledak.

"Ketiga personel yang mendapat penghargaan ini, antara lain, IPDA Firdaus selaku Kanit Idik I Sat Narkoba Polres Singkawang, AIPDA Teguh Cahyono selaku anggota Sitipol Polres Singkawang dan BRIPKA Deni Susanto (Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Bulan, Polsek Singkawang Utara," kata Yuri, di Pontianak, Senin.

Diberikannya penghargaan itu, jelasnya, lantaran IPDA Firdaus dinilai berhasil mengungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan bahan peledak senjata api rakitan jenis laras pendek.

Kemudian, lanjutnya, kepada AIPDA Teguh Cahyono dinilai memiliki fisik terbaik dari hasil kesamaptaan jasmani berkala semester II tahun 2017.

"Dan selanjutnya kepada BRIPKA Deni Susanto dinilai sebagai Bhabinkamtibmas berprestasi dalam membina kelompok tani mukti mengelola bahan baku singkong menjadi tepung mocaf," ujarnya.

Yuri berharap, apa yang dilakukannya itu dapat memberikan motivasi kepada anggota polisi lainnya untuk saling berlomba-lomba mengejar prestasi.

Secara terpisah, Anggota DPRD Singkawang, Anewan mengatakan, punishment dan reward adalah hal yang baik dalam memberi sebuah semangat untuk meningkatkan kinerja.

"Apalagi institusi yang mampu untuk menjaga serta menganyomi masyarakat seperti polisi. Apa yang telah dilakukan oleh Kapolres Singkawang sudah sangat baik demi meningkatkan kinerja anggotanya lebih baik lagi," katanya.

Dirinya mengapresiasi hal itu sebagai sebuah langkah nyata dalam berkiprah kepada masyarakat, sudah sepantasnya diberikan penghargaan bagi anggota polisi yang berprestasi.

"Sebaliknya jika ada yang melanggar jangan sungkan-sungkan pula untuk diberi sanksi, agar balance dan juga dengan adanya sanksi diharapkan bisa diperbaiki dan tidak menutup kemungkinan bisa mendapat reward karena berprestasi," ujarnya.

Sebagai mitra masyarakat, katanya, diharapkan kepada para Bhabinkamtibmas yang terjun langsung ke masyarakat sebagai ujung tombak kepolisian diharapkan mampu melayani dan membantu serta menganyomi memberi rasa aman kepada masyarakat.

"Agar kinerja dan kehadiran mereka di tengah masyarakat benar-benar dirasakan manfaatnya," ungkap dia.  

(KR-RDO/A029)  

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017