Singkawang (Antara Kalbar) - Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bhabinkamtibmas Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kamis.

"Kedatangan kami ke sini, ingin melihat sejauh mana tugas yang dijalankan Bhabinkamtibmas khususnya di Kota Singkawang," kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti di Singkawang, Kalimantan Barat.

Kedatangannya bersama Brigjen Pol Yehu Wangsajaya disambut baik camat, lurah, RT, dan masyarakat Kecamatan Singkawang Timur.

Berdasarkan pengamatan pihaknya, memang benar bahwa Polres Singkawang bisa mengembangkan dengan baik pelayanan Bhabinkamtibmas kepada masyarakat.

"Tentunya ini sangat menggembirakan hati kami, apalagi Bhabinkamtibmas ini merupakan ujung tombak keberhasilan Polri, karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat," ujarnya.

Sehingga dengan adanya Bhabinkamtibmas, dia berharap, tugas Polri sebagai pemberi layanan, pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

"Mengingat tidak lama lagi Indonesia akan menghadapi Pilkada serentak, dimana Kalbar akan memilih Gubernur baru dan beberapa daerah juga akan ada pemilihan kepala daerah," ungkapnya.

Dengan adanya Bhabinkamtibmas, diharapkan daerah-daerah yang akan melaksanakan pesta demokrasi selalu kondusif. Sehingga ini bisa menjadi modal utama suksesnya pesta demokrasi umumnya di Indonesia dan khususnya di Kalbar.

Dirinya bersyukur, melihat situasi dan kondisi Kota Singkawang bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya, bahwa Polres Singkawang dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk menjamin keamanan di wilayah Singkawang.

"Apalagi pluralisme dan toleransi di Kota Singkawang ini sudah terjalin dengan baik, tentu ini akan menjadi laporan bagi kami untuk disampaikan kepada Bapak Presiden bahwa sudah terjadi contoh yang baik di Kota Singkawang," tuturnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi sangat senang dengan program Bhabinkamtibmas. Karena Bhabinkamtibmas dinilai telah berhasil mengubah wajah polisi, yang mana dulunya dianggap seram dan menakutkan tapi sekarang polisi dijadikan sebagai sahabat masyarakat bahkan anak.

"Maka dari itu, polisi masa depan adalah Bhabinkamtibmas. Sehingga, Indonesia butuh Bhabinkamtibmas yang peduli lingkungan dan masyarakat yang bisa mengayomi dan melindungi," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat menyatakan senang dan bangga atas kunjungan Tim Kompolnas beserta rombongan.

Dikatakan dia, bahwa Kota Singkawang sangat terkenal dengan toleransi, yang mana saat ini Kota Singkawang menduduki peringkat keempat kota paling toleransi se-Indonesia.

"Atas peringkat ini, saya yakin orang-orang luar yang akan berwisata ke Singkawang akan merasa aman," katanya.

Begitu juga dengan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang tentu akan berjalan dengan lancar dan aman berkat kerjasama semua pihak.

"Semoga kedatangan bapak/ibu dari Kompolnas dapat mempromosikan keindahan dan toleransi Kota Singkawang," ujarnya.

(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017