Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sedikitnya dua ribuan warga Kabupaten Landak difasilitasi pemda setempat akan menghadiri Perayaan Natal Oikumene Nasional 2017 yang diselenggarakan hari ini, di Rumah Radakng Pontianak.

"Pemda Kabupaten Landak siap mengirim peserta, tidak tanggung-tanggung jumlah peserta dari Kabupaten Landak mencapai 2.000 orang," kata Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa di Ngabang, Kamis.

Dia menjelaskan, pihaknya diminta untuk membawa seribu orang, tapi yang terdaftar sampai hari ini lebih dari seribu.

"Oleh karena itu kami akan berupaya mencari transportasi karena yang kita koordinir berangkatnya sama-sama diluar dari yang menggunakan kendaraan pribadi," kata Karolin.

Karolin juga mengatakan Pemda memfasilitasi para Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak untuk diberangkatkan menuju Kota Pontianak, dipastikannya kembali jadwal keberangkatan rombongan dari Kota Ngabang pada pagi tadi.

"Bagi peserta yang berada disekitar Kota Ngabang akan dilepas dari Kantor Bupati, kemudian untuk yang berada di kecamatan - kecamatan titik kumpulnya itu di Polsek di wilayah kecamatan masing-masing," tuturnya.

Pihaknya telah berupaya untuk menyediakan transportasi bagi para peserta. Sebanyak 59 armada bis telah disiapkan untuk mobilisasi peserta menuju ke Rumah Radakng Pontianak.

Menurutnya, jumlah peserta variatif di setiap kecamatan tergantung jarak dan akses yang ditempuh. Kecamatan Kuala Brhe dan Air Besar yang cukup jauh itu hanya 1 atau 2 bis sedangkan kecamatan Ngabang, Sengah temila, dan Mandor armada yang dibutuhkan lebih banyak.

"Semua bis sudah dipesan, Pangkalan sudah habis, Viaria sudah habis, kita mengambil bis dari Entikong, Singkawang dan tempat-tempat lainnya," katanya.

Mantan Anggota DPR RI itu juga menyampaikan tujuan menghadiri kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk penghormatan kepada pimpinan tertinggi di Republik Indonesia dan para peserta dapat langsung bertatap muka, mendengar pesan-pesan yang akan disampaikan oleh Jokowi saat memberikan sambutannya.

"Ini merupakan sebuah kehormatan bagi Kalimantan Barat, mendapat kesempatan sebagai tuan rumah dalam menyelenggarakan Natal Oikumene Nasional. Semoga Natal Oikumene 2017 berjalan dengan lancar, aman dan sukses, mari kita beramai-ramai hadir dalam kegiatan tersebut," kata Karolin.



Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017