Pontianak (Antara Kalbar) - Personil Lantamal XII Pontianak melaksanakan tes kesehatan pertama bagi calon prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018 yang berjumlah 62 orang bertempat di Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XII Pontianak.

"Pelaksanaan tes kesehatan pertama merupakan rangkaian kegiatan test seleksi masuk menjadi calon siswa prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018," kata Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi yang diwakili oleh Kepala Dinas Administrasi Personel Lantamal XII Letkol Laut (KH) Ramli, Rabu.

Dia menjelaskan, proses pemeriksaan kesehatan itu dilakukan oleh Tim kesehatan dari Diskes Lantamal XII Pontianak, yang dipimpin langsung oleh Kadiskes Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (K) Oys Karundeng dan dibantu personel Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XII Pontianak.

Untuk tes kesehatan pertama meliputi bentuk kepala, kaki (normal, X atau O), bentuk telapak kaki, varikokel, varices, ambeien, THT (Telinga, Hidung dan Tenggoraoan), pengecekan Tekanan Darah (normal, darah rendah atau darah tinggi), tes nadi (per menit), pengukuran tinggi dan berat badan, tes kesehatan mata.

"Tes kesehatan tahap pertama diharapkan seluruh calon prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018 dalam melaksanakan tes dapat menjaga kesehatan guna menunjang kegiatan seleksi yang berlangsung secara berkelanjutan," tuturnya.

Hal ini untuk memenuhi syarat standar kesehatan yang diterapkan oleh TNI AL sehingga nantinya didapatkan sosok seorang prajurit yang memiliki kesehatan yang memenuhi syarat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Sehat saja ternyata tidak cukup, karena TNI AL tidak hanya membutuhkan calon yang sehat akan tetapi dibutuhkan calon prajurit yang sehat dan memenuhi syarat sesuai dengan standar yang ditetapkan," katanya.

Dalam tes kesehatan ini, para calon prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018 yang lolos akan melanjutkan tes Psikologi dan Wawancara serta menyiapkan kembali kemampuan terbaiknya dalam menjawab setiap lembar pertanyaan tertulis maupun lisan, yang akhirnya dapat mengantarkan para calon prajurit ke tahap Pantukhirda.

Dalam rangka penerimaan calon prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018, Dinas Administrasi Personil Lantamal XII Pontianak memberikan pengarahan kepada 62 calon tamtama yang akan melaksanakan rangkaian kegiatan test seleksi masuk menjadi calon siswa prajurit Tamtama TNI AL bertempat di Gedung Malahayati Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat.

Dalam pengarahan Asisten Personil Danlantamal XII Pontianak yang diwakili oleh Paban Watpers Spers Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (KH) Nelson Sagala, dan Pabanren Spers Letkol Laut (KH) Kasmudi menyampaikan kepada para calon Tamtama TNI AL memberikan pengetahuan dan wawasan luas sebelum melaksanakan berbagai ujian yang akan dihadapi.

"Sangat penting memantapkan dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan hasil terbaik dan memenuhi syarat untuk menjadi Prajurit Tamtama TNI AL yang tangguh dan profesional," kata Endi Supardi.

Endi menambahkan, tes seleksi ini bebas dari percaloan, sehingga bagi oknum yang memanfaatkan situasi yang mengambil keuntungan dan menjanjikan kelulusan bagi para calon siswa tersebut, percaya pada diri sendiri adalah modal yang paling utama untuk menjadikan calon siswa berjiwa semangat.

"Kita juga menekankan agar setiap calon prajurit bisa berusaha semaksimal mungkin berjuang dan berdoa kepada Tuhan Tang Maha Esa agar mendapatkan hasil test yang terbaik. Agar tetap tertib dan disiplin serta bisa membawa diri dalam menyesuaikan dengan tata tertib yang berlaku di lingkungan Lantamal XII Pontianak," katanya.

(KR-RDO//N005) 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018