Singkawang (Antaranews Kalbar) - Kota Singkawang sudah siap menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII, dimana hal itu ditandai dengan pawai ta`aruf yang dilepas oleh Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan di halaman Kantor Camat Singkawang Utara, Senin.

Adapun rute yang dilalui, para peserta berkumpul di Kantor Camat Singkawang Utara berjalan menuju simpang tiga (Demang Akub - Perum Sinka), Jl Hamid Matali, Jl Ratu Sepudak, Jl Bambang Ismoyo (Kp Jawa), Jl Jenderal Sudirman, Jl Pramuka, Jl. Demang Akub, dan finis di Semelagi Kecil/Taman Gayung Bersambut.

Ketua I LPTQ Kota Singkawang Edy Purwanto mengatakan, pelaksanaan MTQ VII Kota Singkawang ini akan dipusatkan di Kecamatan Singkawang Utara dari tanggal 17-20 Januari 2018.

"Hasilnya guna mendapatkan para qori dan qoriah yang akan mewakili Kota Singkawang di MTQ tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Mempawah," kata Edy.

Sejumlah agenda sebelum pembukaan MTQ VII sudah dilakukan, dimana pada Senin (15/1) kemarin diawali dengan orientasi dewan hakim dan pawai taruf.

Kemudian, Selasa (16/1) dilakukan tehnical meeting seluruh khalifah terkait kegiatan MTQ VII. Setelah itu, Rabu (17/1) malam dilakukan pembukaan yang rencananya akan dibuka oleh Wali Kota Singkawang.

Kemudian Kamis (18/1) digelarnya berbagai cabang lomba dalam MTQ VII yang dimulai dari Cabang Fahmil Quran, Cabang Tilawah dengan golongan Tartil, Cabang Tahfizh 1 juz dengan Tilawah, Cabang Khattil Quran, Cabang Golongan anak anak.

Selain itu ada juga dilombakan Cabang Tahfizh golongan 5 juz. dan tilawah, cabang khattil Quran, cabang Tilawah Golongan Dewasa, cabang Syahril Quran,

Kemudian, lomba Tahfizh golongan 10 juz dilanjutkan pada Jumat (17/1) dengan cabang lainnya. "Pada hari Sabtu (20/1) akan dilakukan rapat dewan hakim terkait MTQ serta penutupan MTQ VII oleh Wali Kota Singkawang," katanya.

Pihaknya berharap, MTQ VII Kota Singkawang ini akan diperoleh para peserta yang berkualitas dan mampu bersaing di jenjang provinsi maupun nasional nantinya.

"Para peserta yang lolos seleksi ini akan menjadi perwakilan Kota Singkawang di MTQ Kalbar pada April 2018 di Kabupaten Mempawah," jelasnya.

(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018