Putussibau (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, kini fokus membangun fasilitas pengolahan dan penyimpanan air bersih di empat kecamatan daerah setempat.

"Pembangunan air bersih itu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp4 miliar," kata Kepala Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya Kapuas Hulu, Nusantara Gawat ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin.
Dijelaskan Gawat, empat kecamatan itu diantaranya untuk Desa Seneban Kecamatan Seberuang, Desa Betung Kecamatan Boyan Tanjung, Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung dan Kecamatan Silat Hilir.

Menurut dia, pembangunan air bersih menggunakan DAK secara tuntas, apalagi air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang menyangkut kesehatan secara umum.

Dikatakan Gawat, untuk pembangunan air bersih di Kapuas Hulu sudah hampir 70 persen, namun belum begitu terbangun secara menyuruh karena keterbatasan anggaran.

Sehingga kata dia, pembangunan air bersih juga tidak semata bersumber dari DAK, namun ada juga yang dibangun melalui Dana Desa, PDAM serta dari Kementerian PDT yang terfokus di daerah perbatasan. 


(KR-TFT/N005) 1 

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018